Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Sosialisasi LPG di Pipikoro Lancar

114

SOSIALISASI – Konversi mitan ke gas terus dilakukan. Terbaru, sosialisasi dilakukan di Kecamatan Pipikoro – Sigi.

SIGI, PE – Program Nasional Konversi Minyak Tanah ke LPG yang sudah dimulai sejak tahun 2007 terbukti memberikan banyak manfaat, baik bagi pemerintah maupun masyarakat. Sampai dengan tahun 2014 ini, jumlah paket perdana Konversi Minyak Tanah ke LPG yang telah didistribusikan sebanyak 54 juta unit untuk keluarga dan usaha mikro di 23 provinsi.

Sedangkan penghematan subsidinya sangat besar mencapai Rp 20 triliun/tahun.
Di tahun 2015 ini, program tersebut tetap berlanjut untuk wilayah provinsi Sumatera Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tengah. Sekitar 1,128  juta rumah tangga dan usaha mikro yang memenuhi syarat, akan menerima paket perdana, yang terdiri atas tabung lpg 3 kg, kompor gas satu tungku, regulator dan selangnya.

Demi mendukung kesiapan masyarakat dalam mempergunakan paket konversi ini secara aman, baik dan benar, PT Pertamina (Persero) kembali menyelengarakan event sosialisasi dan edukasi yang diberi nama “Cara Aman Bareng Bung Ijo”. Pada periode Oktober – November 2015 ini, event tsb akan berlangsung pada 154 kecamatan di 4 provinsi (Sumatera Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Tengah).  Sejak tahun 2008 telah dilakukan event serupa di lebih dari 1.500 kecamatan dan 50 SLTA di 23 provinsi.

Untuk wilayah Sulawesi tengah, event yang akan dilaksanakan pada tahun 2015 ini tersebar di 34 kecamatan. Event perdana dilaksanakan di kecamatan pipikoro Kabupaten Sigi, belum lama ini. Event ini dihadiri oleh sekitar 185 orang yang terdiri dari ibu-ibu rumah tangga, pengurus Karang Taruna, pengurus PKK, perangkat desa, serta masyarakat umum. Camat pipikoro Smar ,spd turut memberikan sambutan dan pengarahannya dalam kesempatan ini.
Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, event ini menekankan pada edukasi kepada masyarakat tentang penggunaan, perawatan dan penanggulangan masalah dalam pemakaian kompor gas dan tabung LPG sehari-hari.

Bagi sebagian besar masyarakat, kampor gas dan tabung lpg adalah hal baru, yang sangat berbeda tata cara penggunaannya dibanding kompor minyak tanah atau pun tungku kayu bakar. Kegiatan ini merupakan wujud dari peran serta PT Pertamina (Persero) dalam menyukseskan program nasional konversi minyak tanah ke LPG, di samping tugas utamanya menyediakan paket perdana konversi dan memasok serta mendistribusikan LPG sampai ke tingkat agen.(ady)

Komentar ditutup