Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Bareskrim Polri Bongkar Sindikat Penjual Data Nasabah

32

PALU EKSPRES, JAKARTA – Penyidik Subdit Money Laundering Direktorat Tipideksus Bareskrim Polri membongkar sindikat penjualan data nasabah bank. Pelakunya adalah seoarang lelaki berinisial C (27).

Direktur Tipideksus Bareskrim Polri Brigjen, Agung Setya menyebutkan, kasus ini bermula dari adanya keresahaan masyarakat yang terganggu dikarenakan ada pihak yang menawarkan produk kartu kredit atau asuransi melalui telepon.

“Padahal pemilik nomor telepon tidak pernah memberikan nomornya kepada pihak-pihak itu.

Modus yang dilakukan tersangka yaitu mengumpulkan data nasabah dari marketing bank dan rekan marketing lainnya sejak tahun 2010,” kata Agung dalam keterangannya, Rabu (23/8).

Tersangka, kata Agung mulai mengiklankan penjualan data nasabah yang memiliki sejak tahun 2014 melalui, www.jawarasms.com, www.databasenomorhp.org, http://layanansmsmassal.com, http://walisms.net/ lalu akun Facebook dengan nama Bang Haji Ahmad dan akun pada situs penjualan online (e-commerce) lainnya.

“Pembeli yang tertarik akan menghubungi nomor telepon yang tertera pada situs atau akun tersangka, kemudian dilakukan proses transaksi,” papar Agung.

Lebih lanjut, Jenderal bintang satu ini menambahkan data nasabah yang ditawarkan oleh pelaku bervariasi dengan harga paket Rp 350.000 untuk 1000 nasabah, lalu Rp 1.100.000 untuk 100.000 nasabah per paket database.

“Ketika pembeli setuju, maka pembeli mengirimkan sejumlah uang ke rekening pelaku dan setelahnya pelaku memberikan link untuk mengunduh file database nasabah yang telah tersngka simpan dalam cloud storage,” ucap dia.

Komentar ditutup