Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Masih Disosialisasikan, Lagu Indonesia Raya Tiga Stanza Lengkap dan Sangat Indonesia

168

PALU EKSPRES, JAKARTA – Mulai Juli 2017, setiap sekolah diwajibkan untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza. Aturan tersebut tertuang dalam surat edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Saat ini, pengenalan lagu tersebut masih dalam tahap sosialisasi.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid menyadari tak mungkin seluruh sekolah serentak sekaligus hafal menyanyikan lagu tersebut. Karena itu sejumlah sekolah perlahan memperkenalkan lagu tersebut dalam versi lengkap tiga stanza kepada siswa.

“Masih sosialisasi, kami juga akan terbitkan panduan lengkap. Memang tak mungkin sekaligus,” katanya kepada JawaPos.com, Minggu (6/8).

Menurutnya, lagu bersejarah ciptaan WR Supratman itu wajib digelorakan kembali. Tujuannya agar para siswa mengetahui sejarah dan memahami perjuangan pahlawan melalui lirik lagu.

“Tujuannya, tentu supaya ingat lagi. Selama ini kan siswa kenalnya hanya satu stanza saja. Padahal lirik di stanza dua dan tiga itu indah dan kaya sekali,” paparnya.

Sementara itu sejumlah sekolah menyatakan kesiapannya untuk mengajarkan para siswa lagu Indonesia Raya tiga stanza. Para guru bersiap akan membagikan teks lirik kepada siswa agar cepat menghafal.

“Kami belum mengetahui jika memang harus tiga stanza, tetapi kami siap untuk mengajarkan siswa agar mereka menghargai jasa dan perjuangan para pahlawan,” kata Kepala Sekolah SDN Kramat Jati 01, Jakarta Timur, Justina Malau.

Berikut video lagu Indonesia Raya secara utuh yang di pimpin oleh Purwacaraka pada Pagelaran Merayakan Indonesia Raya di Jakarta tahun 2016

 

(ika/JPC)

Komentar ditutup