Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Duh, 1,2 Juta Warga Jakarta Pemakai Narkoba

100

PALU EKSPRES, JAKARTA – Di Asia Tenggara, Indonesia bisa dianggap sebagai negara terbesar yang pemakai narkobanya tinggi. Sehingga tak salah para bandar narkoba menyasar Indonesia sebagai pangsa besar.

Hal ini diketahui dari pengungkapan narkoba yang dilakukan Polda Metro Jaya. Dalam sebulan ini, lebih 1,2 ton sabu-sabu mereka gagalkan penyelundupannya.

Direktur Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Nico Afinta mengatakan, sebagian besar bandar dan pengedarnya berasal dari Tiongkok. Selain menjadi target utama pasar, ternyata jumlah pesanan narkoba dari para penikmatnya di dalam negeri juga cukup besar. “Di Indonesia permintaan narkoba masih besar,” kata dia, Senin (24/7).

Dia menuturkan, besarnya permintaan itu ternyata karena jumlah pengguna narkoba di Indonesia yang sudah mencapai 5 juta orang.

“Data yang dinyatakan BNN sebagai pengguna narkoba di Indonesia 1-5 juta orang, kalo kita hitung satu orang pake 1 gram berarti satu juta satu ton (narkoba), ” ujar dia.

Kemudian untuk pengguna narkoba di Jakarta kata dia sangat tinggi. Mencapai 600 ribu orang hingga 1,2 juta orang. “Kalau seluruh Indonesia 1-5 juta orang. Nah 600 ribu sampai 1,2 juta ada di Jakarta,” tambah dia.

Sehingga kepolisian bertekad akan terus melakukan pemberantasan narkoba di wilayah Indonesia. Bahkan, ia tak segan untuk melakukan tindakan tegas terukur. “Jangan coba-coba melakukan pengedaran narkoba di Indonesia,” tegas dia.

(elf/JPC)

Komentar ditutup