Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Debat Kandidat Putaran Dua Dilaksanakan di Sigi

20

SIGI, PE – Pelaksanaan debat putaran kedua kandidat Bupati dan wakil bupati Sigi bakal dilaksanakan di Kabupaten Sigi. Hal ini dilakukan mengingat banyaknya kritikan kepada KPUD yang menyelenggarakan debat di Palu.  Sekretaris KPUD Sigi Anwar mengatakan, pihaknya masih mencari lokasi debat di wilayah Sigi. Namun tentunya, KPUD masih melakukan pembahasan lebih dalam baik dari pihak keamanan, Panwas dan tim sukses.

“Kami akan laksanakan di Sigi, untuk lokasi dan teknisnya masih dibicarakan, ” kata Anwar kepada Palu Ekspres, Kamis, 15 Oktober.  Menurut Anwar, pelaksanaan debat di Sigi penuh pertimbangan, meski sebelumnya mendapat kritikan tajam dari beberapa kalangan terkait debat putaran pertama yang dilaksanakan di Hotel Santika, Palu. Salah satu yang mengkritik adalah lembaga DPRD.  Sebelumnya, Ketua KPUD Sigi Taufik Lasenggo mengatakan, pelaksanaan debat kandidat putaran pertama di Palu merupakan kesepakatan antar tim pemenangan dan salah satu pertimbangannya adalah soal keamanan.

“Jadi ini bukan hanya mau dari KPU, tapi ini sudah melalui kesepakatan. Kalau di Sigi biaya live TVRI akan bertambah, dan jumlah personel keamanan juga akan bertambah, kami hanya ingin membuat debat ini bermanfaat dan aman, ” kata Taufik.

Taufik menjelaskan, selama tiga tahap debat kandidat itu, KPUD mengeluarkan anggaran sebesar Rp 225 juta. Disetiap sesi pelaksanaan debat kandidat, menggunakan anggaran sebesar Rp 75 juta. Terkait pelaksanaan debat putaran kedua di Sigi, Taufik mengakui masih akan melakukan pertemuan membahas debat yang dilaksanakan 25 Oktober mendatang.

“Pokoknya doakan saja, jika pertimbangannya bisa di Sigi kami akan laksanakan di Sigi, begitu sebaliknya, ” katanya singkat. (mg02)

Komentar ditutup