Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Cuaca Ekstrim & Kulit Kering

96

PERTANYAAN: Hai, mbak Jean. Saya Rika di Tombolotutu. Mbak Jean gimana caranya menjaga kulit tetap segar di cuaca ekstrim seperti ini. Belakangan ini kulit saya cenderung kelihatan kusam dan berminyak. Apa yah solusinya? makasih.
 Rika, Tombolotutu, 085241032XXX

JAWABAN:
DARI pertanyaan anda, saya dapat menebak bahwa tipe kulit anda normal cenderung kering. Karena pada umumnya dicuaca palu yang panas dan kelembaban udaranya tinggi ini, justru cenderung membuat orang bertanya bagaimana cara mengurangi minyak dan jerawat diwajah mereka. Panduan perawatan wajah dibawah ini dapat diaplikasikan baik untuk kedua tipe kulit kering dan berminyak selama anda tinggal dikota Palu yang super panas ini.

Cuaca yang panas akan membuat kelenjar keringat diwajah kita semakin aktif, gunakan tissue kering atau sapu tangan bersih untuk menyeka keringat yang bercucuran saat anda beraktivitas. Hindari kebiasaan memegang wajah langsung dengan jari atau menyeka wajah langsung dengan tangan, kebiasaan ini justru akan menambah kotoran dan bakteri kewajah anda dan dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Gunakan waktu berwudhu untuk membilas wajah anda dengan air untuk menghilangkan minyak dan kotoran yang menempel. Saat anda pulang dari kantor atau kuliah pastikan anda menggunakan sabun pembersih wajah yang non-alkohol dan hindari penggunaan toner, karena akan mengurangi kelembaban natural yang ada pada kulit anda.

Berbeda dari yang sering dipikirkan hindari menyemprotkan produk penyegar yang berupa uap air ke wajah anda. Uap yang disemprotkan tidak dapat terabsoprsi kedalam sel kulit dan hanya menciptakan kelembaban semu. Justru penguapan air keudara akan semakin bertambah dikarenakan adanya kadar air yang nganggur dipermukaan kulit dan alhasil kulit anda akan semakin kering.

Yang terpenting adalah bagaimana anda menyiapkan wajah anda dipagi hari untuk menghadapi cuaca panas yang ekstrim. Cuci wajah anda dengan sabun unitone yang dapat mencerahkan dan menyehatkan kulit wajah, aplikasikan serum yang mengangung Asam Hyaluronan yang dapat mengikat kadar air dalam sel kulit, dan tambahkan pelembab serta sunblock diatasnya untuk melindungi kulit anda dari proses oxidasi oleh sinar UV Matahari. Alhasil wajah anda akan tetap terjaga kesehatannya. Cheers, Jean. (mrs/*)

Komentar ditutup