Zat pada Minuman Kopi Ini Cegah Diabetes – Palu Ekspres
Kesehatan

Zat pada Minuman Kopi Ini Cegah Diabetes

PALU EKSPRES, JAKARTA – Beberapa zat yang terkandung pada minuman kopi pernah dikait-kaitkan dengan diabetes tipe 2 sebagai obat atau setidaknya pencegah penyakit gula itu terbentuk, hanya belum banyak studi yang membutkikan hipotesis tersebut.

Namun semua itu berubah ketika para dokter dari Denmark berhasil membuktikan bahwa beberapa zat terkait fungsinya untuk meningkatkan fungsi sel dan sensifitas insulin yang diujikan pada tikus lab.

Setelah mengeliminasi kafein dari daftar zat-zat yang potensial, para peneliti yang merilis temuannya pada Journal of Natural Products ini menemukan bahwa zat lain bernama cafestol ternyata mampu mendorong sekresi insulin pada sel-sel pankreatik ketika terekspos pada glukosa.

Diabetes tipe 2 sendiri terjadi ketika tubuh tidak dapat memproduksi cukup insulin atau produksi insulin yang dihasilkan tubuh tidak bekerja sebagaimana mestinya dan sering dikaitkan dengan gaya hidup seperti kelebihan berat badan atau obesitas.

Kembali pada cafestol, menurut para peneliti, dari hasil uji coba atas tikus lab yang diberi cafestol menunjukan kadar gula darah yang rendah. Data juga menunjukan bahwa kemampuan tubuh tikus lab untuk memproduksi insulin pun meningkat dibandingkan tikus lab yang tidak diberi makan cafestol.

“Hasil kami menunjukan bahwa cafestol memiliki sifat antidiabetik pada tikus (diabetik) KKAy,” kata Diane Abbott dalam wawancaranya seperti dikutip dari Express.co.uk (8/9/2018).

“Alhasil, cafestol dapat berkontribusi dalam menurunkan pembentukan T2S (diabetes tipe 2) pada mereka yang mengkonsumsi kopi dan memiliki potensi sebagai obat antidiabetik,” ungkap dia.

(ruf/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!