Wow! Bawang Putih di Carrefour Palu Tembus Rp80 Ribu – Palu Ekspres
Ekonomi

Wow! Bawang Putih di Carrefour Palu Tembus Rp80 Ribu

TINJAU - Walikota Palu, Hidayat, Ketua KPPU Sulampua, Ramli Simanjuntak dan Kepala BI Sulteng Miyono sidak harga bahan pokok di Trans Mart Carefour Palu, Kamis 1 Juni 2017. foto HAMDI ANWAR/PE

PALU EKSPRES, PALU – Harga bawang putih di Trans Mart Carefour Palu menembus Rp80 ribu per kilogram. Harga ini di atas dari harga pasar tradisional yakni Rp55 sampai dengan Rp60 ribu per kilogram. Lonjakan harga bawang putih di Carefour itu membuat terkejut Ketua Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) Perwakilan Sulawesi, Maluku Papua (Sulampua) Ramli Simanjuntak saat inspeksi mendadak (Sidak) harga pangan di sana, Kamis (1/6).

Ramli yang turun bersama Walikota Palu Hidayat, merasa heran dengan harga yang ditetapkan pihak Trans Mart. Pasalnya, sebelum sidak, rombongan mengawali sidak ke Pasar Inpres Manonda. Di Inpres Manonda, Ramli mendapati harga bawang putih hanya dijual pedagang Rp55 sampai Rp60 ribu per kilogram. Cenderung menurun dari tiga empat hari sebelumnya.

“Ini kenapa bisa berbeda. Sebab setahu saya importir bawang putih hanya satu di Indonesia. Harusnya harga bisa seragam,” kata Ramli Simanjuntak.

Ramli bahkan membandingkan kualitas bawang putih yang dijual carefour tidak lebih baik dari bawang putih yang dijual pendagang di Pasar Inpres Manonda.

Namun sesuai keterangan pihak Management Trans Mart, mereka juga mendapati harga yang lumayan tinggi dari pemasok. Salahsatu pertimbangan menetapkan harga Rp80 ribu.

Ramli kemudian berjanji akan menyelidiki permasalahan itu untuk mengetahui pihak mana yang sesungguhnya mempermainkan harga. Apakah kartel, penyuplai atau pengecer.

“Akan kita selidiki dimana letak permainan ini. Kami juga akan cek langsung ke kartel Surabaya,”jelas Ramli kepada wartawan.

Menurutnya temuan demikian akan dikonsultasikan bersama KPPU Pusat. Tidak menutup kemungkinan KPPU menurutnya bisa merekomendasikan pencabutan izin sebuah usaha jika terbukti melakukan permainan harga yang menyalahi ketentuan.

“Tapi inikan belum bisa kami simpulkan. Kita akan telusuri dulu,”jelasnya.

Selain bawang putih, rombongan juga mendapati harga cabe keriting di trans Mart carefour menembus Rp100ribu per kilogram. Namun untuk komoditi daging semuanya dijual dengan harga eceran tertinggi (HET) yakni berkisar Rp80ribu perkilogram.

Walikota Palu Hidayat menyebut akan memerintahkan bagian ekonomi untuk mengundang semua pihak terkait membicarakan antisipasi lonjakan harga menjelang lebaran. Termasuk mengundang pihak trans Mart carefour Palu.

“Kita pertemuan semua pihak mulai dari suplayer dan Management trans marta. Masalah ini harusnya sudah tuntas dekat lebaran nanti,”kata Hidayat.

Kepala BI Perwakilan Sulteng,Miyono, yang juga ikut dalam rombongan berharap pihak Bulog segera merealisasikan stok bawang putih dalam waktu dekat.

(mdi/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top