Workshop IKU, Bukan Sekadar Seremonial – Palu Ekspres
Daerah

Workshop IKU, Bukan Sekadar Seremonial

PALU EKSPRES, TOUNA – Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Tojo Una-una (Touna) melalui bagian Organisasi dan Tatalaksana (Ortal) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Touna), Kamis 6 Juli 2017 menggelar workshop penyusunan Indikator Kinerja Utama (IKU) lingkup Pemkab Touna tahun 2017.

Workshop yang dilaksanakan di gedung auditorium kantor Bupati Touna tersebut, dibuka oleh Sekretaris Kabupaten (Sekab) Touna, Taslim DM. Lasupu, SP, MT yang didampingi oleh Ketua DPRD Touna, Gusnar A. Sulaeman, SE. Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Birokrasi Republik Indonesia (RI).

Pada kesempatan tersebut Sekab Touna Taslim Dm. Lasupu.SP,MT mengatakan, akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) yang telah dibangun dalam rangka mewujudkan kepemerintahan yang baik dan berorientasi pada hasil, perlu dikembangkan dan informasi kinerja diintegritaskan ke dalam sistem penganggaran dan pelaporan yang sesuai dengan perundang-undangan.

“Serta sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 17 tahun 2013 tentang keuangan negara hasil anggaran yang disusun dan dihitung berdasarkan perancanaan kinerja atau dengan kata lain dihitung dan disusun berdasarkan kebutuhan untuk menghasilkan output dan outcome yang diinginkan masyarakat,” kata Sekab.

Dikatakannya, dengan anggaran berbasis kinerja ini akan dapat dilakukan penelurusan alokasi anggaran kinerja yang direncanakan dan pada setiap akhir tahun anggaran dapat dilakukan penelurusan realisasi anggaran dengan capaian kinerja.

Olehnya, kegiatan semacam ini jangan sampai dimaknai sebagai kegiatan yang hanya bersifat seremonial belaka, atau dengan kata lain hanya menghabiskan anggaran.

Dia juga berharap kepada peserta yang hadir dapat menyerap ilmu yang disampaikan dan yang paling utama dapat membuat atau menyusun indikator kinerja utama SOPD dan daerah.

“Karena merupakan salah satu unsur dokumen perancanaan daerah yang menjadi syarat dalam mengevaluasi sistem akuntabilitas kinerja dan instansi pemerintahan (SAKIP) yang dilakukan oleh kementerian PAN dan RB setiap tahunnya,” pesannya.

(mg3/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!