Waspadai Tiket Bus Bodong – Palu Ekspres
Daerah

Waspadai Tiket Bus Bodong

ASPAL: Tiket abal-abal yang disita Polsek Waru. foto Thoriq S. Karim/Jawa Pos/JawaPos.com

PALU EKSPRES, SURABAYA – Keramaian di sekitar Terminal Purabaya sering dimanfaatkan pelaku kejahatan. Modus yang digunakan beragam. Salah satunya menggunakan tiket bodong untuk menipu calon penumpang.

Cara yang digunakan pelaku untuk menipu calon penumpang bisa dibilang rapi. Mereka membuat tiket abal-abal untuk ditawarkan. Pelaku semula bertanya kepada calon penumpang yang kesulitan mencari bus. Setelah mengetahui kota tujuan, pelaku menawarkan tiket kepada calon penumpang tersebut. Targetnya adalah calon penumpang jarak jauh. Misalnya, Surabaya–Pacitan, Surabaya–Ponorogo, Surabaya–Jakarta, dan Surabaya–Banyuwangi.

Modus penipuan seperti itu berhasil diungkap setelah UPT Terminal Purabaya bersama polisi melakukan pemantauan tertutup. Petugas menyebar dan berbaur dengan kru bus. Akhirnya, diketahui ada beberapa orang yang menawarkan tiket kepada calon penumpang. ”Mereka tidak mengenakan identitas dari PO tertentu,” kata Kasubnit Kamtib UPT Purabaya Hardjo.
ASPAL: Tiket abal-abal yang disita Polsek Waru.

Petugas yang mengenakan pakaian preman itu mendekati pria yang menawarkan tiket. Belum sempat bertanya, pria yang masuk dalam pantauan tersebut menawarkan tiket. Mereka mengatakan bisa membantu mencarikan bus sesuai jurusan yang dituju. Ucapan itu disampaikan sambil menyodorkan tiket kepada calon penumpang. ”Di tiket itu tidak tertulis nama PO dan jurusan bus,” imbuh Hardjo.

Prev1 of 2

Click to comment

BERITA POPULER

To Top