Waspada, Rasa Sakit di Area Pusar Bisa Berbuntut Serius – Palu Ekspres
Kesehatan

Waspada, Rasa Sakit di Area Pusar Bisa Berbuntut Serius

PALU EKSPRES, JAKARTA – Appendix atau usus buntu adalah organ kecil yang terletak di mana usus besar dan kecil bertemu.

Menurut Johns Hopkins Medicine, salah satu ciri dari appendicitis atau radang usus buntu adalah sebuah gejala berupa rasa sakit di sekitar pusa.

“Biasanya appendicitis bermula di area tengah perut. Dalam hitungan jam, ia akan pindah menuju bagian kuadran kanan bawah perut,” kata Elana Maser, M.D., dari Icahn School of Medicine, Mount Sinai, New York, AS.

Radang usus buntu sendiri hingga saat ini belum diketahui dengan pasti apa yang menyebabkannya, namun yang pasti, kondisi ini terjadi pada mereka berusia di antara 15 hingga 30 tahun dan cenderung turun temurun di keluarga penderitanya.

pasien radang usus buntu sendiri hanya memiliki waktu sekitar 48 hingga 72 jam sejak gejala awal sebelum kondisinya memburuk dan mengancam nyawa.

Jadi jangan pernah Anda sepelekan rasa sakit yang muncul pada pusar, terlebih ketika rasa sakit itu memburuk dan berpindah tempat seperti yang disebutkan di atas.

Selain rasa sakit tadi, radang usus buntu juga biasanya dibarengi dengan gejala lain seperti mual, muntah, demam tinggi, diare, konstipasi dan kehilangan napsu makan.

(ruf/fajar)

Sumber: WomensHealthMag.com

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!