Waspada! Jalur Brexit Masih Rawan Kecelakaan – Palu Ekspres
Nasional

Waspada! Jalur Brexit Masih Rawan Kecelakaan

PALU EKSPRES, BREBES – Arus mudik Lebaran Idul Fitri 2017 sudah mulai meningkat memasuki H-6. Jumlah pemudik tahun ini diperkirakan meningkat hampir lima persen yakni mencapai 19 juta orang bila dibandingkan dengan mudik lebaran tahun lalu.

Anggota Komisi V DPR RI Nurhasan Zaidi menjelaskan bahwa terkait potensi permasalahan yang harus menjadi perhatian khusus adalah di ruas jalan tol Batang hingga Grinsing yang belum cukup sempurna untuk dilalui.

”Serta ruas tol Grinsing Semarang belum bisa dimanfaatkan, sehingga potensi penumpukan kepadatan ada di titik ini dimana jalur utama pantura dan tol fungsional bertemu,” kata Nurhasan Zaidi saat melakukan peninjauan kepada INDOPOS (Jawa Pos Group), Minggu (18/6).

Dari pantauan di lapangan, ucap Nurhasan, ruas tol fungsional antara Brexit (Brebes Timur) hingga Pemalang memang sudah dapat difungsikan. Namun secara konstruksi dan kelayakan banyak sekali catatan yang bisa menyebabkan tingkat kerawanan kecelakaan sangat tinggi.

Mulai dari kondisi jalan yang masih berupa coran dasar (LC). Hal itu masih terlihat rapuh untuk frekuensi kendaraan yang melimpah. Selain itu, rambu-rambu yang belum memadai, tidak adanya penerangan jalan, kondisi jalan yang curam dan berundak-undak, serta rest area yang belum cukup representatif.

“Semua hal tersebut berpotensi menjadi penyebab kecelakaan,” terangnya.

Namun, Nurhasan cukup memahami bahwa penggunaan jalur tersebut adalah salah satu solusi sementara dari pemerintah untuk mengatasi permasalahan kemacetan arus mudik lebaran tahun ini.

”Tapi dengan catatan segala hal untuk meminimalisir potensi kecelakaan tersebut dan permasalahan yang lebih besar harus di persiapkan dengan matang,” ucap politisi PKS ini.

(dil/yuz/JPG)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top