Warga Palu, Waspada Calo Pendaftaran Haji – Palu Ekspres
Palu

Warga Palu, Waspada Calo Pendaftaran Haji

PALU, PE – Masyarakat Kota Palu yang ingin mendaftarkan diri, untuk melaksanakan ibadah Haji, diimbau mendaftar langsung di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palu. Hal ini ditegaskan Kepala Kantor Kemenag Kota Palu, Ma’sum Rumi, ketika ditemui, Senin (27/2).

“Masyarakat Kota Palu yang ingin mendaftar Haji, diharapkan untuk mendaftar langsung ke kantor Kemenag Kota Palu, bukan melalui orang-orang yang menawarkan diri untuk membantu proses pendaftaran, yang tidak memiliki kewenangan terkait hal ini,” kata Ma’sum.

Menurutnya, hal ini dilakukan, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga dapat merugikan masyarakat yang ingin mendaftar Haji.

“Sasaran kita, tentunya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi, masyarakat bisa mencari informasi lebih awal dulu di Kantor. Yang jelas, tempat pendafataran Haji hanya di Kantor Kemenag,” ujarnya.

Terkait dengan panjangnya antrian pendaftar haji, Ma’sum berharap, dengan adanya penambahan kuota Haji nasional mulai tahun 2017, dapat mengurangi estimasi antrian Haji, yang hingga tahun lalu mencapai 10 tahun.

“Kita patut syukuri, sehingga dalam proses pemberangkatan, mengalami peningkatan yang signifikan. Kalau jumlah kuota yang baru ini bertahan, atau bahkan ada peningkatan lagi nantinya, estimasinya bisa berkurang hingga hanya 7 sampai 6 tahun,” kata Ma’sum.

Data dari Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kota Palu, kuota Jamaah Haji Kota Palu, mulai tahun 2017, bertambah sebanyak 226, sehingga jumlah total kuota Haji untuk tahun 2017 mencapai 757 orang. Penambahan kuota tersebut, merupakan bagian dari penambahan kuota nasional, sesuai dengan Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 75 tahun 2017.

“Jumlah penambahan kuota untuk Kota Palu, kami masih hitung secara manual, sampai saat ini mencapai 226 orang. Jumlah ini, kemungkinan masih akan bertambah, ketika sudah masuk di Siskohat (Sistem Komputerisasi Haji Terpadu),” jelas Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kota Palu, Abd. Mun’im Godal, Senin 27 Februari 2017.

(mg01/Palu Ekspres)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!