Warga Menyemut Saksikan Gladi Sailing Pass – Palu Ekspres
Nasional

Warga Menyemut Saksikan Gladi Sailing Pass

 

PARIMO, PE – Ribuan warga terpana menyaksikan manuver puluhan kapal perang milik Angkatan Laut RI. Pemandangan langka yang hanya bisa disaksikan lewat hajatan seperti Sail Tomini menjadi tontonan menarik warga. Sedikitnya, ada 27 kapal perang milik TNI Angkatan Laut  menggelar  uji coba menggelar parade  di pantai Pangi Kecamatan Parigi Tengah Kabupaten Parigi Moutong. Sailing pass itu, dilakukan untuk memastikan kesiapan pertunjukan kapal – kapal perang di hadapan presiden  Joko widodo pada puncak acara  19 setember mendatang.

Komandan Gugus Tugas Sailing pass, Laksamana Pertama TNI Pelaut I Nyoaman Gede Ariawan, mengatakan parade kapal perang merupakan satu acara seremoni yang dilakukan setiap even besar, seperti  HUT TNI yang dilaksanakan tiap tahun sekali. Ia menyatakan uji coba akan dilakukan selama tiga hari.
”Kami lakukan ini sebagai bentuk kesiapan agar pada pelaksanaan hari H-nya tidak terjadi hal – hal yang diinginkan,” katanya.

Dia menambahkan, pada hari puncak nanti di hadapan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi serta puluhan Duta Besar dari negara sahabat, bukan hanya kapal perang RI yang unjuk kebolehan. Sejumlah kapal perang luar negeri  juga ikut ambil bagian.  ”Kita minta doa saja, biar cuacanya kondusif saat hari H-nya. Dan pastinya  Sailing pass pada acara puncak akan menghibur masyarakat Parigi  Moutong,” pungkasnya.
Selain parade kapal perang juga terlihat beberapa anggota TNI angkatan laut melakukan atraksi terjung  payung yang mendarat di depan presiden Joko Widodo dan tamu dari  negara asing.(ady)

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!