Warga Doda Putus Saluran Air Bersih, Warga Duyu Kesulitan… – Palu Ekspres
Palu

Warga Doda Putus Saluran Air Bersih, Warga Duyu Kesulitan…

DISKUSI - Camat Tatanga, Usman didampingi Lurah Duyu menjelaskan sejumlah hal terkait pemutusan saluran air di kelurahan Duyu, Senin 5 Juni 2017 di kantor Walikota Palu. foto HAMDI ANWAR/pe

PALU EKSPRES, PALU – Warga RT 1 Desa Doda Kecamatan Kinovaro Kabupaten Sigi memutus sambungan pipa air bersih menuju Kelurahan Duyu Kecamatan Tatanga Kota Palu.

Pemutusan itu berdampak bagi masyarakat di RW IV khususnya RT I,II dan III Kelurahan Duyu. Kondisi demikian menyulitkan masyarakat menjalankan ibadah puasa karena kesulitan mendapat air bersih.

Masalah ini mencuat dalam pertemuan yang digelar bersama Pemkot Palu dan perwakilan Pemda Sigi, Senin (5/6)di Ruang Bantaya, lantai III Kantor walikota.

Lurah Duyu, Nurdin F Adam menyebut, alasan warga Desa Doda memutus sambungan itu lantaran ingin menagih janji Dinas PU Palu. Warga mengaku Dinas PU pernah menjanjikan penyambungan jaringan listrik kewilayah RT I Desa Doda.

“Katanya pernah ada janji dinas PU untuk menyambung jaringan listrik kesana,”ungkap Nurdin.

Menurut Nurdin terdapat sedikitnya 25 kepala keluarga (KK) di dusun tersebut. Warga Doda melepas sementara sebuah saluran pipa air bersih yang melintas diwilayahnya.

Kepala Dinas PU Palu, Singgih B Prasetyo mengaku belum lama dalam jabatan tersebut. Karena itu dirinya tidak pernah mengetahui jika pernah ada perjanjian demikian.

Kendati begitu, pihaknya bersedia memfasilitasi keinginan warga mendapat jaringan listrik ke PLN. Karena proses penyambungan jaringan listrik menurutnya tidak boleh dilakukan serampangan. Dan kewenangan itu hanya ada pada PLN.

“Kami komunikasikan dulu ke PLN. Setelah itu kami informasikan. Kira-kira bagaimana baiknya,”jelas Singgih.
Asisten I, Rifani Pakamundi bahkan mengusulkan untuk urunan dana pembelian tiang listrik. Menurutnya ini solusi yang sementara waktu bisa diambil agar warga Doda tidak lagi melepas pipa air bersih di wilayah mereka.

“Saya kira kalau kita urunan sedikit-sedikit. Dari kita Pemkot Palu dan Pemda Sigi,”demikian Rifani.

Hasil kesepakatan pertemuan akan dimuat dalam sebuah dokumen kesepakatan dua belah pihak. Dalam waktu dekat, pertemuan akan kembali digelar bersama.  Camat Kinavarao Kabupaten Sigi, Gazali hadir dalam pertemuan itu.

(mdi/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!