Waduh, Pemkot Terlilit Hutang, Termasuk ke Guru Honor – Palu Ekspres
Daerah

Waduh, Pemkot Terlilit Hutang, Termasuk ke Guru Honor

PALU EKSPRES, TARAKAN – Utang Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan tidak hanya kepada kontraktor, tapi juga kepada guru honor. Diperkirakan ada ratusan guru honor baik yang mengajar di SD, SMP maupun TK/PAUD.

Salah satu guru honor di SD Kelurahan Pantai Amal yang enggan di sebutkan namanya, mengaku sudah lima bulan belum menerima honor dari dari Pemkot Tarakan. Padahal, ia hanya menerima Rp 700 per bulannya untuk honornya.

“Di tahun 2017 ini, kami lima bulan belum di bayarkan oleh Pemkot dengan jumlah Rp 3 juta 5 ribu. Sedangkan untuk Provinsi itu tiga bulan,” ungkap wanita berhijab berusia 36 tahun ini, Selasa (26/12).

Tak hanya di tahun ini, ia pun mengakui honornya tahun lalu ada juga yang belum dibayarkan Pemkot Tarakan, sebanyak tiga bulan. Baginya, honor itu sangat berarti untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Guru honor di salah satu PAUD di Tarakan, Juhaidah, juga menanti pencairan dari Pemkot Tarakan. Ia mengaku belum dibayar selama lima bulan. “Untuk guru PAUD itu lima bulan yang belum dibayarkan. Dengan total Rp 2 juta 500 ribu,” jelasnya.

Ditemui terpisah, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Tarakan Arbain, mengakui belum dibayarnya honor ratusan guru di Tarakan.

Namun, ia menjamin bahwa Pemkot Tarakan tetap memiliki iktikad baik untuk membayarkannya. Jika uang ada, maka segera dibayar. Namun, sampai saat ini BPKAD masih menunggu uang masuk ke kas daerah.

“Insya Allah akan kita bayarkan. Baik itu guru honor maupun PL Kami juga masih menunggu transferan,” ujarnya.

(mrs/fen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!