Waduh, Curanmor di Palu Merajalela – Palu Ekspres
Palu

Waduh, Curanmor di Palu Merajalela

BARANG BUKTI – Kapolres Palu, AKBP Christ. R. Pusung, saat memperlihatkan salah satu barang bukti senpi rakitan, tindak pidana 3C, Kamis 20 April 2017. fot IMAM/PE

PALU EKSPRES, PALU – Sindikat pencurian kendaraan bermotor (curnamor) di Palu makin menjadi-jadi. Baru-baru ini, jajaran Kepolisian Resor (Polres) Palu merilis hasil tangkapan, terkait tindakan kriminal pencurian kendaraan bermotor (curanmor), pencurian dengan kekerasan (curas) dan pencurian dengan alat yang merusak (curat), atau yang disingkat dengan 3C, rentang waktu bulan Maret-April, di Mapolres Palu, Kamis (20/4).

Kapolres Palu, AKBP Christ. R. Pusung menyebutkan, dalam rentang waktu tersebut, Polres Palu setidaknya berhasil menangkap sejumlah 17 orang tersangka kasus 3C, masing-masing 10 orang untuk kasus curanmor, 2 orang kasus curas, 2 orang kasus curat dan 3 orang kasus pencurian biasa.

Para tersangka tersebut, ditangkap dengan berbagai barang bukti. Di antaranya, sepeda motor sejumlah 18 unit, 3 pucuk senjata api (senpi) rakitan, beserta 52 butir amunisi berbagai macam caliber, berbagai jenis senjata tajam (sajam), 1 unit mobil Avanza, 10 unit ponsel, 1 unit laptop, 1 unit televisi, 1 buah vapor, 1 buah pagar besi, 1 buah gerobak, 1 buah kompresor dan 2 buah mesin sepeda motor.

“Dalam periode ini, ada yang menonjol, yaitu berdasarkan penangkapan di TKP (tempat kejadian perkara) jalan Anoa, banyak barang bukti yang kami dapat, seperti senpi rakitan 3 pucuk, juga ada banyak sajam, dan amunisi berbagai macam caliber, lalu ada CCTV, mesin motor, kompresor, alat pemukul dan lain sebagainya,” urai Kapolres.

Kapolres menambahkan, diperkirakan barang-barang bukti beserta tersangka yang ditangkap di TKP jalan Anoa tersebut, yakni Muh. Syafei alias Ipin, terlibat di berbagai tindak pidana, baik 3C, narkoba dan tindakan criminal lainnya.

“Mungkin diperkirakan, semua tindak pidana ada kaitannya dengan yang di Anoa ini, baik 3C, narkoba dan lain sebagainya. Asal amunisi yang dia dapatkan, masih kita dalami. Kalau melihat dari barang bukti yang ada, dia merupakan pemain lama,” ujar Kaplolres lagi.

Kapolres berharap, dengan ditangkapnya sejumlah tersangka kasus 3C tersebut, dapat meberikan rasa aman bagi warga Kota Palu. Meski begitu, ia mengimbau kepada masyarakat Kota Palu, agar senantiasa berhati-hati, dan meningkatkan kewaspadaan diri, dalam melakukan aktivitas, khususnya ketika berada di luar rumah.

Juga diharapkan, peran aktif masyarakat Kota Palu, untuk bersama-sama dengan pihak Kepolisian, menjaga situasi Kamtibmas, di wilayah Kota Palu.

“Kalau pulang malam, dan melewati tempat-tempat yang rawan, agar lebih hati-hati. Kalau bisa, ada teman atau saudara yang mendampingi. Khusus yang memiliki anak, terutama anak perempuan di bawah umur, agar lebih diperhatikan pergaulannya di mana saja,” tandasnya.

(abr/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top