Virus Mematikan Mirip Ebola Landa Uganda, Dunia Internasional Turun Tangan – Palu Ekspres
Kesehatan

Virus Mematikan Mirip Ebola Landa Uganda, Dunia Internasional Turun Tangan

PALU EKSPRES, JAKARTA – Serangan virus mematikan mirip Ebola pecah di Uganda. Penyakit virus Marburg (PVM) yang menewaskan 88 persen mereka yang terserang dianggap sebagai salah satu patogen paling mematikan yang pernah ada.

Daily Mail Online (6/11/2017) melansir, setidaknya terdapat lima kasus yang teridentifikasi dan bantuan internasional telah dikirimkan untuk mengatasi serangan virus ini.

Kabar ini keluar di tengah-tengah kasus wabah di Madagaskar yang dianggap sebagai serangan virus terburuk dalam 50 tahun terakhir, yang mana kini berada pada titik krisis.

PVM sendiri berasal dari satu keluarga yang sama dengan virus Ebola, penyebab melayangnya 11 ribu jiwa di Afrika Barat pada 2014 dan 2015 lalu.

Virus ini mampu menyebar melalui gigitan kelelawar pemakan buah atau monyet dan dapat ditularkan menusia melalui cairan ejakulasi dan darah.

Yang menyeramkannya, virus ini, menurut badan kesehatan dunia WHO, dapat juga menyebar melalui kontak langsung pada pakaian atau seprai yang telah terkontaminasi.

Ciri dari PVM adalah seperti pendarahan hebat, demam, muntah-muntah dan diare. Hingga saat ini, penyakit ini belum ada obatnya.

(ruf/fajar)

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!