Update Perkembangan Cuaca, Waspada Banjir dan Tanah Longsor – Palu Ekspres
Nasional

Update Perkembangan Cuaca, Waspada Banjir dan Tanah Longsor

JAKARTA, PE – Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diperkirakan masih akan terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Demikian disampaikan rilis BMKG yang diterima redaksi, Kamis (23/2).

Pantauan citra satelit cuaca terkini Rabu (22/2) pukul 18.00 WIB menunjukkan adanya tutupan awan hujan, termasuk diantaranya awan Cumulonimbus di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, dan sebagian wilayah Papua Barat.

Kondisi terakhir memperlihatkan adanya hujan ringan hingga sedang yang masih terjadi di wilayah Jabodetabek, terutama Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Bekasi, Depok, dan Bogor. Warga dihimbau agar tetap berhati-hati karena potensi banjir dan genangan masih dapat terjadi.

Hujan dengan intensitas tinggi yang disebabkan oleh daerah pertemuan dan perlambatan angin juga diperkirakan terjadi terutama pesisir barat Sumatera bagian utara, Sumatera bagian selatan, Jawa bagian barat, Kalimantan bagian barat dan utara, Sulawesi bagian utara, serta Maluku Utara.

Dalam seminggu ke depan, wilayah yang berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di Indonesia diantaranya yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Papua Barat, dan Papua.

Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, dan jalan licin yang mungkin dapat terjadi.

***

Click to comment
To Top