Untung Rugi Internet di Tangan Pengguna – Palu Ekspres
Palu

Untung Rugi Internet di Tangan Pengguna

CINDERAMATA - Asisten II Pemkot Palu, Imran menerima cendra mata dari pejabat Telkomsel Palu, Selasa 24 Oktober 2017 di Hotel Coco Best Western Palu. foto HAMDI ANWAR/pe

PALU EKSPRES, PALU – Salah satu provider area Palu menggelar roadshow, seminar dan workshop internet baik. Kegiatan itu merupakan program corporate social responcibility (CSR) untuk mengampanyekan pemanfaatan internet secara baik dan bertanggungjawab.

Asisten II Pemkot Palu, Imran Lataha mewakili walikota dalam sambutannya menyatakan Internet tak selalu memberi dampak baik bagi pelajar dan remaja. Tak jarang didapati kejadian penyalahgunaan untuk hal tidak bermanfaat seperti membuka situs-situs porno dan kekerasan.

“Padahal itu dapat memengaruhi kejiwaan, dan konsentrasi dalam kegiatan belajar,”katanya. Dampak negatif yang sudah terlihat dikalangan remaja adalah kecanduan game online serta kecanduan jejaring sosial seperti face book, instagram dan twiter. Ini membuat penggunanya lupa waktu, kesehatan dan lupa mengerjakan tugas. Hingga bersikap boros, baik memboroskan waktu dan uang.

Penggunaan internet dengan tujuan yang baik tentu akan mendapatkan manfaat yang baik pula. Sebaliknya, kata Imran, menggunakan internet dengan maksud dan cara yang tidak baik, maka akan mendapat hal sia-sia serta merugikan diri sendiri.

Beberapa tahun lalu, internet memang hanya bisa diakses golongan masyarakat menengah keatas atau perusahaan besar saja. Namun seiring perkembangan teknologi yang melesat begitu cepat, internet kini merambah keseluruh pelosok dunia hingga ke pedesaan dan golongan masyarakat. Persaingan harganyapun kini semakin kompetitif.

Dalam situasi itu, masyarakat jelasnya sangat diuntungkan dengan teknologi informasi yang terjangkau. “Karenanya dibutuhkan sikap baik agar ketertinggalan informasi yang sering dijadikan alasan pada dekade lampau akan hilang dengan keberadaan serta pemanfaatan internet secara baik,” terangnya.

Kepedulian telkomsel dalam mendukung ekositim digital yang positif, melalui program CSR internet baik, diharapkan mendukung penggunaan internet secara bertanggungjawab, aman, inspiratif dan kreatif serta memberi nilai edukasi bagi masyarakat.

“Menjadi role model pendidikan internet melalui atau digital citizenship education dilembaga-lembaga pendidikan dan mampu menjadi gerakan sosial yang melibatkan banyak komunitas dan stakeholder terkait,”kata Imran.

Kegiatan seminar sendiri jelas Imran patut diapresiasi sebagai bentuk edukasi pengguna internet secara baik. “Sebab dampak positif maupun negatif berada mutlak ditangan penggunanya,”pungkas Imran.

Seminar dan workshop jelasnya adalah bentuk kepedulian melalui program CSR. Tujuannya agar bagaimana pengguna internet menggunakan fasilitas informasi teknologi itu secara baik dan bertanggung jawab dan tidak merugikan orang lain. “Sekaligus memanfaatkan internet untuk berinovasi,”pungkasnya.

(mdi/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!