Untad Berlakukan Kartu Identitas Kendaraan – Palu Ekspres
Palu

Untad Berlakukan Kartu Identitas Kendaraan

Rektor Untad, Prof Dr Ir H Muh Basir Cyio SE MS meresmikan pemberian Kartu Identitas Kendaraan kepada salah seorang pengendara sebagai simbolis Gerbang Khusus Motor dan penggunaan Kartu Identitas Kendaraan. (foto: HUMAS UNTAD)

PALU,PE-Maraknya kasus pencurian motor di lingkungan Universitas Tadulako (Untad) beberapa waktu belakangan menjadi perhatian serius bagi rektor Untad, Prof Dr Ir Muh Basir Cyio SE MS.
Data yang diperoleh Untad dari Kepolisian Sektor (Polsek) Palu Timur, mencatat sepanjang Januari 2017 telah terjadi enam kali aksi pencurian motor. Itu berdasarkan laporan kehilangan yang masuk di Polsek Palu Timur selama Januari 2017.

Atas dasar itulah, Rektor Untad, Prof Dr Ir H Muh Basir Cyio SE MS menginisiasi lahirnya kebijakan Gerbang Khusus Motor dan penggunaan Kartu Identitas Kendaraan di Pintu Masuk Gerbang Utama Untad. Peluncuran kebijakan itu ditandai langsung dengan diberikannya Kartu Identitas Kendaraan kepada pengendara motor oleh Rektor Untad, yang diresmikan Rabu 1 Februari 2017.

Rektor Untad pun turut memantau langsung arus masuk motor.

Penggunaan kartu identitas kendaraan kata Rektor Basir merupakan salah satu instrumen yang digunakan untuk peningkatan keamanan kendaraan di dalam kampus. Penggunaan kartu itu juga merupakan tindaklanjut dari rekomendasi yang disampaikan oleh pihak Polsek Palu Timur kepada pimpinan Untad.

“Jadi kami berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Mereka memberikan rekomendasi untuk peningkatan sistem keamanan kendaraan, di antaranya yaitu penggunaan kartu identitas kendaraan, pemasangan CCTV, dan pengadaan pita kejut (polisi tidur, red) di beberapa lokasi. Untuk CCTV, kami sudah mencanangkan pada tahap awal untuk memasang CCTV di 90 titik,” jelas Prof Basir Cyio.

Sebelumnya, pada 25 Januari 2017 lalu, Untad mencanangkan pemanfaatan Pintu Gerbang. Peluncuran itu disaksikan pula Wakapolsek Palu Timur, IPTU Hendrik Latif SH serta Majelis Mahasiswa (MM) Untad dan sejumlah perwakilan lembaga kemahasiswaan.

Pada saat itu, IPTU Hendrik menjelaskan bahwa pada Januari 2017, terdapat sejumlah laporan pencurian yang masuk di Polsek Palu Timur. Di antara laporan itu, termasuk laporan kehilangan motor dari mahasiswa Untad.

“Sebanyak enam buah sepeda motor dilaporkan hilang di kampus Untad. Pencariannya sedang dilakukan. Selain itu, kami juga langsung berkoordinasi dengan pimpinan Untad dengan memberikan rekomendasi untuk peningkatan sistem keamanan kampus,” jelas IPTU Hendrik.

Sebelum diresmikan, pihak Untad terlebih dulu menggelar uji coba atas Kartu Identitas Kendaraan. Yang digelar sejak 25 Januari 2017 hingga Selasa 31 Januari 2017.

Dalam penerapannya, terdapat pintu masuk khusus bagi pengendara roda dua.

Dengan digunakannya pintu khusus bagi kendaraan roda dua itu, akan ada dua jalur di masing-masing pintu, baik pintu masuk dan keluar di gerbang utama, maupun gerbang masuk di pintu selatan Fakultas Teknik, dan pintu keluar di pintu selatan Program Pascasarjana.

Pengendara yang akan masuk ke kampus Untad dengan menggunakan kendaraan roda dua akan diberikan kartu khusus oleh petugas di masing-masing pintu masuk. Kartu itu harus dipegang dan dijaga oleh pengendara yang menggunakan kendaraan roda dua itu. Saat akan keluar dari kampus Untad, kartu khusus itu harus diperlihatkan kembali oleh pengendara kepada petugas jaga di masing-masing pintu keluar. (mrs)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!