Tunjangan Penyuluh Pertanian, Pemkab Sigi akan Naikkan Empat Kali Lipat – Palu Ekspres
Daerah

Tunjangan Penyuluh Pertanian, Pemkab Sigi akan Naikkan Empat Kali Lipat

Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta

PALU EKSPRES, SIGI – Kabar kembira datang dari para tenaga penyuluh khususnya di Kabupaten Sigi. Pasalnya, tunjangan mereka para penyuluh di wilayah itu yang sebelumnya hanya berkisar Rp250.000, diwacanakan akan dinaikkan nominalnya menjadi Rp1 juta.

“Insya Allah, saya akan berjuang lebih memerhatikan para penyuluh pertanian di Sigi, berkaitan dengan tunjangan mereka. Kalau sebelumnya, hanya kisaran Rp250.000, insya Allah akan dinaikan menjadi Rp1 juta,” kata Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta SSos Msi, Jumat (13/7/2018).

Tidak hanya tunjangan, terangnya, pihaknya juga akan memaksimalkan terkait penyediaan kendaraan roda dua yang diperuntukan bagi para penyuluh. “Supaya bisa membantu kinerja para penyuluh itu sendiri,” tuturnya.

Olehnya, dia meminta kepada seluruh penyuluh khususnya di Sigi agar terus meningkatkan kinerjanya. “Saya harap para penyuluh bisa lebih berinovasi dalam menjalankan program-program kerja secara nasional,” jelasnya.

Lebih jauh dikatakannya, terbitnya Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah memberikan dampak terhadap perubahan kelembagaan penyuluhan pertanian di daerah.

Perubahan kelembagaan di daerah ini tetap harus disikapi bahwa arah kebijakan penyuluhan pertanian tetap mengacu pada pengertian sistem penyuluhan pertanian baik dari aspek kelembagaan ketenagaan penyelenggaraan sarana prasarana dan pembiayaan.

Dia menambahkan, bahwa hal yang dihadapi sekarang ini Jawa Barat khususnya di sektor pertanian karena pertumbuhan penduduk semakin tidak teratasi alih fungsi lahan pertanian secara permanen semakin meningkat tanpa dibarengu percepatan sawah baru kebutuhan konsumsi pangan kepala rumah tangga juga semakin tinggi.

“Ini semua tidak terlepas dari peran dan fungsi penyuluhan dalam mengantisipasi hal tersebut dengan menggunakan pendekatan pendekatan atau kaidah-kaidah penyuluhan baik secara perorangan kelompok maupun secara massal,” ujarnya.

Ia juga berharap agar para penyuluh pertanian harus mampu bersinergi antara mahasiswa dan Bhabinsa dalam pengawalan dan pendampingan 11 (sebelas) komoditas. Semoga pertemanan teknik penyuluhan pertanian di Kabupaten Sigi ini dapat meningkatkan motivasi kerja bagi Penyuluh Pertanian serta dapat mewujudkan wawasan program pembangunan pertanian di Kabupaten Sigi.

(mg2/palu ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!