Transplantasi Terumbu Karang DSLNG Libatkan Kelompok Nelayan – Palu Ekspres
Daerah

Transplantasi Terumbu Karang DSLNG Libatkan Kelompok Nelayan

TANAM POHON - Relation and communication Senior Manager DSLNG Sakuntala Sutoyo menanam bibit pohon disaksikan Bupati Banggai Herwin Yatim, Selasa 5 Juni 2018 di Dusun Tingki-Tingki Kelurahan Sisipan Kecamatan Batui, Banggai, Sulawesi Tengah. foto HAMDI ANWAR/pe

PALU EKSPRES, PALU – Salahsatu program corporate social responsibility (CSR) bidang lingkungan yang dilaksanakan PT Donggi Senoro Liquefied Natural Gas (DSLNG) adalah rehabilitasi terumbu karang dan penghijauan. Program CSR kilang gas itu digalakkan pada tiga kecamatan sekitar lokasi kegiatan perusahaan. Kecamatan Batui, Kintom dan Nambo.

Untuk rehabilitasi terumbu karang, DSLNG melalui pendamping CSRnya tahun ini memilih Pantai Dusun Tingki-Tingki di Kelurahan Sisipan Kecamatan Batui. Terumbu karang di tempat itu banyak rusak akibat praktek pengeboman ikan.

Di pantai dusun tersebut, sepanjang tahun 2018 ini rencananya akan disebar sebanyak 500 buah media transplantasi terumbu karang. Serta seribu bibit pohon di pesisir pantai. Pendamping CSR DSLNG bidang perikanan, Dwi Prayitno menjelaskan transplantasi terumbu karang dibuat dalam dua model. Pertama pipa berdiameter kecil ditancapkan bersamaan dengan batok kelapa dalam cetakan semen persegi empat.

Model kedua sama dengan model pertama. Hanya saja tanpa menggunakan tempurung kelapa. Tempurung kelapa menurut dia berfungsi sebagai media untuk memancing bibit coral hinggap dengan sendirinya. Sementara yang tanpa tempurung harus dilakukan dengan mengikat langsung bibit coral ke batang pipa.

“Kebetulan di tempat ini banyak sisa tempurung kelapa,”jelas Dwi, Selasa 5 Mei 2018 di Dusun Tingki-Tingki Kelurahan Sisipan Kecamatan Batui. Penyebaran transplantasi terumbu karang melibatkan sebanyak dua kelompok nelayan di Kelurahan Sisipan. Ini merupakan bentuk pendampingan perusahaan dalam pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan nelayan sekitar.

“Kalau terumbu karangnya hidup baik dan luas itu menjadi tempat ikan-ikan bertelur. Nelayan akan mudah mendapat ikan,”terangnya.

Acara pelepasan media transplantasi terumbu karang digelar sederhana , Selasa 5 Mei 2018 di Dusun Tingki-Tingki. Bupati Banggai Herwin Yatim beserta sejumlah pimpinan OPD setempat hadir menyaksikan sekaligus menyerahkan secara simbolis media transplantasi.
Sementara dari DSLNG, dihadiri langsung Relation and communication, Sakuntala Sutoyo.
Sakuntala menyebut pelepasan media merupakan bagian daripada program peduli lingkungan DSLNG. Harapannya dapat mendorong keberlangsungan hayati di darat maupun di laut. Sebagai sumber hidup masyarakat khususnya nelayan sekitar.

Tujuan akhir program CSR menurut dia adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Program CSR perusahaan hadir sebagai upaya memberdayakan potensi ekonomi kemasyarakatan. “Peningkatan kapasitas. Kami mengutamakan pundamental dalamanfaatkan CSR perusahaan ini,”jelasnya.

Bupati Banggai Herwin Yatim, menyebut Dusun Tingki-Tingki merupakan suatu kawasan dengan potensi pariwisata yang cukup menarik karena indahnya hamparan laut. Karena itu pemerintah dibantu perusahaan dan stake holder menurutnya akan terus mendorong partisipasi kegiatan peningkatan kualitas lingkungan hidup.

“Itu bagian daripada komitmen pemerintah untuk masa depan masyarakat,”kata Herwin di lokasi kegiatan.

Herwin menjelaskan peran DSLNG sejauh ini sudah cukup optimal. Kedepan ia berharap partisipasi dalam mendorong pengembangan dan pemberdayaan masyarakat haruas lebih optimal dan diperluas tidak hanya sebatas pada tiga kecamatan.

“Tidak hanya pada daerah sekitar lokasi perusahaan. Namun memikirkan kabupaten Banggai secara umum. Sudah banyak yang diperbuat namun kedepan kita minta lebih ditingkatkan lagi,”demikian Herwin Yatim.

(mdi/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!