Transaksi TTG Nasional Tembus Rp41 M – Palu Ekspres
Ekonomi

Transaksi TTG Nasional Tembus Rp41 M

TUTUP TTG - Asisten II Pemprov Sulteng, Bunga Elim Somba mewakili Gubernur Sulteng dalam penutupan GTTGN ke XIX, Sabtu 30 September 2017. foto HUMAS PEMPROV SULTENG

PALU EKSPRES, PALU – Nilai transaksi keuangan yang terjadi selama terlaksananya Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional (TTGN) ke XIX di Sulteng menembus angka sebesar Rp41 miliar lebih. Ini diungkap ketua panitia GTTN ke XIX Supradedi, dalam upacara penutupan even nasional itu, Sabtu malam 30 September 2017 di sirkuit Panggona Palu. “Selama penyelenggaraan mulai 25 sampai dengan 30 September, laporan yang masuk mencapai Rp41 miliar lebih,”ungkap Supradedi.

Gelar TTGN menurutnya berjalan sukses. Itu kata dia terwujud lantaran hasil kerjasama yang baik antara panitia pusat dan derah. Serta berkat adanya dukungan dan partisipasi semua pihak terkait lainnya. “Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 4.250 peserta dari seluruh propinsi dan kabupaten-kota di Indonesia. Sedangkan jumlah kunjungan mencapai 45 ribu orang,”jelasnya.

Dalam TTGN juga digelar perlombaan untuk kategori stand pameran dan inovator terbaik antar provinsi. Namun kali ini Sulteng hanya mampu meraih juara 3 untuk kategori stand terbaik, dan juara harapan 3 untuk inovator terbaik. Kedua inovator yang mengantar Sulteng menjadi harapan 3 inovator itu masing-masing I Wayan Sentana dan I Nengah Suarta.

Supradedi menyebut, pihak Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT) telah menyerahkan bantuan peralatan TTG secara simbolis kepada 10 kabupaten.? Yaitu Kabupaten Parigi, Sigi, Puswaran, Garut, Fak-fak, Bulukumba, Bantaeng, Bantul, Oguato, dan Kabupaten Beluyang. “Bantuan TTG itu diserahkan kepada masing-masing perwakilan daerah,”sebutnya.

Menutup laporannya, Supradedi menginformasikan bahwa sesuai keputusan rapat peserta, GTTGN untuk tahun 2018 mendatang ditetapkan di Provinsi Bali. Asisten II Pemprov Sulteng, Elim Somba mewakili gubernur menyebut gelar Teknologi Tepat Guna Nasional (TTGN) telah membuka kesempatan dan peluang yang besar bagi para pelaku teknologi di Sulteng untuk menciptakan karya teknologi yang tepat dan berguna bagi kepentingan masyarakat.

Pasalnya selama TTGN berlangsung, pengunjung begitu antusias untuk mengetahui bergamam karya teknologi yang pamerkan disemua lokasi kegiatan. Keingintahuan masyarakat tentang beragam teknologi yang di pamerkan menurutnya adalah tanda masyarakat dan dunia kerja sudah mulai membutuhkan teknologi yang tepat dan didukung sumber daya manusia yang cerdas.

“Artinya teknologi yang dirancang sedmikian murah, mudah namun kegunaannya sangat tepat dan hasilnya memuaskan, desain-desain teknologi seperti inilah yang perlu kita kembangkan pada dunia kerja saat ini,”kata Elim.

Dia meminta seluruh kabupaten- kota di Sulteng serius menyikapi hal-hal yang masih kurang dalam menerapkan TTG di wilayahnya masing-masing.

(mdi/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top