Touna Sukses Panen Jagung – Palu Ekspres
Daerah

Touna Sukses Panen Jagung

PANEN JAGUNG- Wabup Touna, Admin AS. Lasimpala, S.IP saat menghadiri panen jagung di Desa Bongka Makmur, Rabu (25/10/2017).

PALU EKSPRES, AMPANA – Wakil Bupati Tojo Una-una (Touna), Admin AS. Lasimpala, S.IP, Rabu (26/10), mengahadiri panen jagung di Desa Bongka Makmur, Kecamatan Ulubongka, Kabupaten Touna.

Panen jagung tersebut selain dihadiri oleh Wakil Bupati Touna, Admin AS. Lasimpala, S.IP juga di hadiri Kepala Dinas Pertanian dan Ketahan Pangan Kabupaten Touna, Camat Ulubongka, Unsur Forkopimcam, Kades Bongka Makmur, Kades se-Kecamatan Ulubongka, tokoh masyarakat dan kelompok tani Desa Bongka makmur.

Dalam sambutannya Wabup Admin Lasimpala dihadapan para petani Desa Bongka Makmur, memberikan apresiasi semangat kerja kepada masyarakat petani jagung Desa Bongka Makmur atas suksesnya komoditi panen jagung kali ini.

“Kehadiran kami selaku Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Touna ini, merupakan wujud dukungan dan perhatian dalam mendorong usaha masyarakat petani jagung,” kata Wabup.
Dia mengatakan, luasnya wilayah pertanian di Kabupaten Touna, sektor pertanian lebih memungkinkan memberikan peluang yang besar untuk peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk itu pembangunan dibidang pertanian hingga saat ini merupakan salah satu sektor yang menjadi prioritas di Kabupaten Touna, selain bidang parawisata dan kemaritiman,” ujarnya.

Olehnya, kata dia, di masa kepemimpinan Mohamad Lahay dan Admin AS. Lasimpala, pihaknya ingin mewujudkan masyarakat Touna yang hebat di bidang pertanian, parawisata dan kemaritiman.

“Hal ini seiring dengan kebijakan pemerintah pusat mewujudkan swasembada pangan tahun 2017 yang telah dicanangkan tahun 2015 tentang program upaya khusus padi, jagung dan kedelai yang dikenal dengan istilah Upsus Pajala,” katanya.

Lanjutnya, berbagai upaya dan program terus digalakkan pemerintah demi mendongkrak produktivitas pertanian, dan yang terutama adalah demi menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan pangan yang dipersiapkan sejak dini untuk mewujudkan swasembada pangan tahun 2017.

“Untuk itu dalam rangka meningkatkan produksi pangan perlu ditingkatkan setiap tahunnya, baik dari segi kuantitas maupun kualitas mengingat dari tahun ketahun kebutuhan pangan mengalami peningkatan sejalan dengan pertambahan konsumen,” harapnya.

Dia juga mengajak kepada kita sekalian, baik pemerintah, pihak swasta, kelompok tani dan seluruh masyarakat untuk bersama-sama untuk bergandeng tangan bahu membahu saling bersinergi dalam mengembangkan komoditas unggulan daerah kita dan memajukan bidang pertanian didaerah ini.

Ia berharap para Kepala Desa kiranya dapat memprogramkan ataupun mempersiapkan bantuan khusus berupa permodalan melalui anggaran dana desa (ADD) yang dimiliki dan dikelolah oleh Bumdes.

“Program tersebut bertujuan agar dana yang diterima oleh Desa dapat menyentuh dan bermanfaat dalam peningkatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat demi terwujud visi dan misi pemerintah mewujudkan Touna Hebat di bidang pertanian,” tukasnya.

(mg3/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!