Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Tokopedia Ajari UMKM Palu Jualan Online

0

PALU EKSPRES, PALU – Puluhan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Palu mendapat kesempatan belajar teknik menjual secara online. Melalui pelatihan bertajuk pemanfaatan ekonomi digital.

Pelatihan itu difasilitasi Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Tengah (Sulteng) sebagai upaya pengembangan kapasitas pelaku UMKM dalam pemasaran produk yang dihasilkan. Mengingat saat ini Pemkot Palu tengah menggalakkan program kelurahan inovasi unggul.

BI Sulteng menghadirkan manajemen Tokopedia, sebuah pemasaran online terbesar di Indonesia untuk memberi materi terkait teknik pemasaran. Sekaligus melengkapi kegiatan dengan penandatanganan MoU tentang pengembangan klaster industri kecil menengah serta ekonomi lokal.

Asisten II Pemkot Palu, Imran Latah mewakili wali kota dalam pembukaan pelatihan mengapresiasi sekaligus menyatakan terimakasih atas bantuan BI Sulteng dalam menumbuh kembangkan ekonomi dan UMKM di Palu.

Dari pelatihan itu, kedepan kata Imran, pelatihan ini akan lahir nantinya pelaku UMKM kreatif dan inovatif.

Pemkot sendiri jelas Imran saat ini tengah mendorong pengembangan pelaku UMKM secara terpola dan bertahap melalui program kelurahan inovasi unggul. Dengan pendekatan home industri.

Pengembangan dimulai dari penguatan SDM, penguatan IKM dan pengembangannya. Serta perbaikan kualitas produksi, penyiapan pasar hingga nantinya pelaku UMKM  dipercaya Perbankan untuk   peningkatan kapasitas usaha.

“Pemkot menjalin kemitraan dengan pihak swasta dan perguruan tinggi untuj pengembangan inovasi. keanekaragaman usaha masyarakat dengan memanfaatkan potensi lokal berbasis industri rumah tangga,”urai Imran, Senin (25/6).

Karena itu pelatihan pemasaran online menjadi salah satu strategi Pemkot Palu mewujudkan pengembangan UMKM.
Pemanfaatan teknologi digital diharapkan dapat membuka akses pemasaran produk dengan lebih mudah melalui fasilitas internet.

(mdi/Palu Ekspres)

Leave A Reply

Your email address will not be published.