TNI Turun Tangan Bangun Sarana Sail Tomini 2015 – Palu Ekspres
Nasional

TNI Turun Tangan Bangun Sarana Sail Tomini 2015

 

PARIGI, PE – TNI turun tangan menggenjot pembangunan sarana Sail Tomini 2015. Dukungan itu dilakukan melalui Operasi Bhakti Kartika Jaya Sail Tomini 2015, yang dibuka Panglima Komando Daerah Militer VII Wirabuana, Selasa 11 Agustus 2015.
Pangdam VII Wirabuana Mayor Jenderal TNI Bachtiar, S.I.P, M.A.P mengatakan, kegiatan operasi Bhakti kartika Jaya Sail Tomini 2015 merupakan bentuk perhatian serius TNI dalam mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan potensi wisata di Teluk Tomini dengan melaksanakan pembangunan sarana parasarana dan fasilitas umum.
Sail Tomini katanya, memiliki manfaat yang cukup besar karena dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Khususnya masyarakat yang tinggal di pesisir dan pulau–pulau kecil, dalam rangka percepatan pembangunan dan pengembangan potensi sumber daya kelautan (SDK).
“Even ini akan mempercepat proses pembangunan daerah tertinggal. Karena akan menggalang keterpaduan sinergi program dan anggaran lintas kementerian yang tujuannnya mewujudkan kesejahteraan rakyat secara berkelanjutan,” kata Pangdam.
Operasi Bhakti Kartika Jaya Sail Tomini 2015 dipusatkan di lokasi sebagai tempat berlangsungnya kegiatan. Dan operasi ini melibatkan satu SSK prajurit TNI, unsur  Polri, Pemda Parimo, istansi terkait dan masyarakat setempat. Perwira bintang dua itu, mengaku kegiatan tersebut, merupakan salah satu kegiatan operasi TNI yang dilaksanakan secara bersinergi dan terintegrasi dengan lembaga departemen dan nondepartemen serta pemerintah daerah.
Untuk itu sebut Bacthiar, sasaran utama operasi itu berupa fisik dan non fisik. Untuk fisik meliputi peningkatan pembangunan jalan nelayan sepanjang 1,2 km, pembangunan  drainase sepanjang 40 meter, pemasangan bronjong sepanjang 50 meter dan  normalisasi sungai sepanjang 50 meter serta rehabiliatsi MCK sebanyak tiga unit dan pembuatan satu unit sumur suntik. Sedangkan pembangunan nonfisik lanjut Panglima, meliputi penyuluhan tentang bela negara dan wawasan kebangsaan, penyuluhan kerukunan umat beragama, penyuluhan Kamtibmas dan penyuluhan kesehatan serta penyuluhan pertanian dan perkebunan.
“Kami sangat berharap kegiatan ini dapat mewujudkan pembangunan infarastruktur daerah. Dan semoga operasi ini bisa berjalan dan selesai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan,” sebutnya.
Dalam Operasi Bhakti Kartika Jaya Sail Tomini 2015 yang digelar dengan apel pasukan itu, Panglima Kodam VII Wiarabuana langsung mengecek pasukan upacara. Dan dilanjutkan dengan penyematan pita dan penyerahan alat kerja ke setiap perwakilan peserta. Penyerahan alat tersebut, sebagai tanda diimulainya Operasi Bhakti Kartika Jaya Sail Tomini 2015 di Desa Kayu Bura Kecamatan Parigi Tengah Kabupaten Parigi Moutong.
Upacara Operasi Bhakti Kartika Jaya Sail Tomini 2015  itu dihadiri langsung Wakil Gubernur Sulawesi Tengah H Sudarto, Pemda Parigi Moutong dan sejumlah pelajar. (ady)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top