TMDD Membangun Desa Wujudkan Kesejahteraan – Palu Ekspres
Daerah

TMDD Membangun Desa Wujudkan Kesejahteraan

TINJAU LOKASI – Kasdam XIII Merdeka, Brigjen TNI Santos Gunawan Matondang (kedua dari kiri), didampingi Danrem 132 Tadulako, Kolonel Inf. Muh. Saleh Mustafa (kiri), saat menyapa sala seorang warga, yang menjadi sasaran bedah rumah, dalam kegiatan TMMD ke-98, di Kecamatan Kulawi Selatan, Rabu 5 April 2017. FOTO IMAM/PE

PALU ESKPRES, SIGI – TNI dan warga masyarakat merupakan sebuah kesatuan yang penting, dalam membangun negara di segala lini. Hal ini menjadi inti dari program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-98 tahun 2017, yang salah satunya digelar di Kecamatan Kulawi Selatan, Kabupaten Sigi.

Program TMMD di Kecamatan Kulawi Selatan tersebut, diagendakan dimulai sejak 5 April 2017 hingga 4 Mei 2017 mendatang, dan melibatkan setidaknya 150 orang dari unsur TNI dan 150 orang dari unsur warga Kecamatan Kulawi Selatan.

Kepala Staf Kodam (Kasdam) XIII Merdeka, Brigjen TNI Santos Gunawan Matondang, menjelaskan, target pelaksanaan TMMD, adalah untuk meningkatkan percepatan pembangunan di Desa. Khusus TMMD ke-98 di Kabupaten Sigi, sasaran khususnya ialah pembangunan rumah-rumah warga, yang dianggap tidak layak huni.

“Kalau kebanyakan di daerah lain, sasaran fisiknya ialah pembangunan jalan, tapi di sini (Sigi-red) berbeda, kita perbaiki rumah-rumah warga yang tidak layak huni,” jelas Kasdam, usai upacara pembukaan TMMD ke-98 di Lapangan Sepakbola Desa Lauwa, Kecamatan Kulawi Selatan, Kabupaten Sigi, Rabu (5/4).

Dalam TMMD ke-98, para prajurit TNI akan menyatu dengan masyarakat sekitar, untuk bersama-sama bekerja mewujudkan program-program, yang telah diagendakan dalam pelaksanaan TMMD.

Salah satu wujud penyatuan warga dengan TNI tersebut, ialah selama pelaksanaan TMMD, para prajurit tidak lagi tinggal di tenda-tenda khusus, melainkan akan tinggal di rumah-rumah warga.

“Unsur-unsur TNI yang terlibat, akan tinggal di tempat-tempat masyarakan, sehingga masyarakat dan TNI dapat menyatu. Karena kita sadari betul, bahwa TNI berasal dari rakyat,” imbuhnya.

Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 1306 Donggala, Letkol Kav. I Gede Masa, menyampaikan, tujuan umum pelaksanaan TMMD, ialah untuk membantu pemerintah, dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui pembangunan yang bersifat fisik dan nonfisik.

Dalam TMMD ke-98 di Kecamatan Kulawi Selatan, terdapat 7 Desa yang menjadi sasaran, yaitu Desa Lempelero, Desa Gimpu, Desa Tompi Bugis, Desa Lauwa, Desa Palamaki dan Desa Tomua.

“Sasaran fisik kita, adalah bedah rumah warga, yang tidak layak huni, sebanyak 30 unit,” kata Dandim.

Selain pembangunan fisik, lanjut Dandim, dalam TMMD ke-98 tersebut, juga digelar berbagai penyuluhan, sebagai bagian dari pembangunan nonfisik.

Penyuluhan-penyuluhan tersebut, di antaranya penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, penyuluhan hukum, penyuluhan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), penyuluhan narkoba, penyuluhan pertanian, penyuluhan kesehatan, penyuluhan deradikalisasi, penyuluhan konsensus kehidupan berbangsa dan bernegara, serta penyuluhan antarumat beragama.

(mg01/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!