Tingkatkan Perlindungan Anak Melalui GACA – Palu Ekspres
Daerah

Tingkatkan Perlindungan Anak Melalui GACA

RELAWAN – Salah seorang Relawan GACA PW Aisyiyah Sulteng, saat disematkan pin secara simbolis, pada Deklarasi GACA PW Aisyiyah Sulteng, pekan lalu. FOTO IMAM/PE

PALU EKSPRES, PALU – Upaya perlindungan anak dari berbagai tindakan kekerasan, saat ini telah menjadi tuntutan bagi masyarakat umum. Aisyiyah sebagai sebagai ormas perempuan Islam, yang bergerak di bidang dakwah utamanya melalui keluarga, mengambil langkah peningkatan perlindungan anak, melalui Gerakan Aisyiyah Cinta Anak (GACA).

Sekretaris Majelis Kesejahteraan Sosial PW Aisyiyah Sulteng, Megawati menyebutkan, GACA yang telah dideklarasikan oleh PW Aisyiyah Sulteng pekan lalu, merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Aisyiyah secara berkesinambungan, dengan tujuan meningkatkan kepedulian terhadap anak, mencegah dan mengurangi kekerasan terhadap anak di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat sosial.

“Aisyiyah mencanangkan GACA ini, karena mencintai, mendidik, melindungi dan memenuhi hak-hak anak merupakan ketentuan agama, ketentuan undang-undang, serta bagian dari nilai sosial budaya kita sebagai masyarakat Indonesia,” jelas Megawati, Rabu 25 Oktober 2017.

Ia menambahkan, target yang ingin dicapai dalam gerakan tersebut, adalah tumbuhnya kepekaan masyarakat terhadap tanda-tanda yang mengancam keselamatan anak, baik dari ancaman kekerasan fisik maupun kekerasan seksual.

Selain itu, melalui gerakan ini, Aisyiyah akan mengingkatkan pelayanan terhadap anak, khususnya melalui amal-amal usaha Aisyiyah, yang tersebar di seluruh wilayah di Sulteng. Juga, meningkatkan jaringan kerjasama organisasi dengan berbagai pihak, dalam kegiatan perlindungan anak.

“Program-program gerakan ini adalah kampanye tentang perlindungan anak, sosialisasi UU terkait perlindungan anak, serta pemberian contoh perilaku baik terhadap anak di lingkungan keluarga. Yang dilakukan melalui pengajian-pengajian atau pelatihan-pelatihan,” jelasnya menambahkan.

Prev1 of 2

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!