Tim Mabes TNI Kunjungi Dua Calon DOB di Parimo – Palu Ekspres
Daerah

Tim Mabes TNI Kunjungi Dua Calon DOB di Parimo

PARIMO, PE ñ Dua calon daerah otonom baru (DOB) di Kabupaten Parigi Moutong mendapat kunjungan dari tim Mabes TNI, pada Selasa 28 Juni lalu. Dua calon DOB itu yakni, calon DOB Kabupaten Tomini Raya yang beribu kota di Kecamatan Tinombo dan calon DOB Kabupaten Moutong yang ibu kotanya di Kecamatan Taopa.

Tim Mabes TNI yang berjumlah tujuh orang, merupakan tindak lanjut dari kunjungan pemerintah Kabupaten Parigi Moutong yang bertandang di Mabes TNI beberapa bulan yang lalu. Kunjungan itu juga merupakan rangkaian untuk meminta dukungan kepada pihak Mabes TNI dalam percepatan pembentukan calon DOB di Kabupaten Parigi Moutong.

Ketua Tim Mayjen Drs Hasan Saleh mengatakan, kunjungan merupakan perintah langsung dari Panglima TNI. Kunjungan ini akan melihat langsung bahwa dua DOB apakah benar daerah itu benar memiliki geostrategis untuk Hankamnas.

”Dua calon DOB itu kami tinjau langsung dengan berdasarkan dengan proposal panitia pemekaran bahwa dengan menitik beratkan dengan geostrategis dan Hankamnas. Apakah benar apa yang ada dalam prooposal itu. Ternyata Dua wilayah ini sangat cocok untuk dijadikan pangkalan angkatan udara dan laut berdasarkan geostrategisnya,” katannya.

Lebih lanjut ia mengatakan, kegiatan kunjungan itu nantinya akan memberikan penilaian secara objektif. Jika dua daerah ini memenuhi unsur dalam kajian geostrategsi dan Hankmanas pihak Mabes TNI akan membuat rekomendasi ke presiden dan DPPR RI melalui Mendagri. Jadi kata dia, Tim Mabes TNI yang berkunjung ini bukan penentu kebijakan untuk bisa memekarkan sebuah daerah. Ini hanya menilai berdasarkan proposal panitia pemekaran yang masuk.

“Kami hanya datang menilai dan melihat langsung daerah ini apa benar daerah ini masuk dalam isu geostrategis dan Hankamnas. Dan kami bukan penentu kebijakan untuk memekarkan satu daerah. Hasilnya ini kami akan buat rekomendasi ke Presiden melalui Mendagri,îujarnya
Dalam kunjungan Tim Mabes TNI di dua calon DOB berlangsung sangat meriah. Tim Mabes TNI mengunjungi perkantoran Kecamatan Tinombo. Dan dilanjutkan dengan peninjauan pelabuhan laut Tinombo.

Sementara di Kabupaten Moutong Mabes TNI menggelar Halal bi halal dengan masyarakat setempat.
Lokasi bandara yang terletak di Dusn Moyan Desa Palpi Kecamatan Taopa, menjadi sasaran kunjungan Tim Mabes TNI dan dilanjutkan dengan perbatasan daerah Provinsi Sulteng dengan Provinsi Gorontalo.
Kunjungan ini dibagi dua Tim. Tim Satu yang berkunjung ke DOB Kabupaten Moutong dipimpin oleh Kol Inf. Hartomo, Kolonel Indra Maulana Harahap dan Kol Pnb. A. Rasyid Jauhari. Sementara yang masuk dalam Tim dua, yang menilai calon DOB Kabupaten Tomini Raya yakni Mayjen Hasan Saleh, Kol. U.S Yusmana, Kolonel Widagdo, Kolnel B. Ken Tri Basuki. (ady)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top