Tim Gali Gaza, Pelopor Kebersihan Kota Palu – Palu Ekspres
Palu

Tim Gali Gaza, Pelopor Kebersihan Kota Palu

PALU, PE – Walikota Palu Hidayat membentuk sebuah tim yang akan menggerakkan kesadaran masyarakat menjaga kebersihan. Tim itu ia namai tim gali gaza.

Hidayat menyebutkan tim ini menghimpun seluruh elemen masyarakat di dalamnya. Perwakilan mahasiswa, tokoh masyarakat, adat, pemuda termasuk aparatur sipil negara (ASN) menjadi bagian dari tim tersebut.

“Kita akan gerakkan kebersihan dengan menggugah kesadaran masyarakat, minimal menjaga kebersihan di halamannya masing-masing,”jelas Hidayat, Jumat (24/2) di ruangannya.

Menurutnya, pemerintah tidak mungkin akan mampu bekerja sendiri dalam mewujudkan kebersihan kota. Kesadaran dan partisipasi masyarakat adalah hal penting dalam upaya tersebut. Kebersihan mutlak tanggung jawab bersama.

“Saatnya kita mulai berbenah diri mengatur soal penanganan sampah bersama. Semua element harus bergerak,” katanya. Kegiatan yang akan dilakukan bersama dengan tim gali gaza rencananya akan dimulai dengan menjadwalkan kerjabakti setiap minggu.

“Tim gali gaza akan menjadi propoganda bagi masyarakat dalam menjaga kebersihan. Mereka yang akan rutin mengingatkan hal itu,”jelas Hidayat.

Tim ini menurut Hidayat juga akan menggandeng tim satuan tugas (Satgas) kebersihan, keindahan, ketertiban, keamanan dan kenyamanan (K5) tingkat kelurahan.  “Mengajak, melarang dan mengarahkan masyarakat. termasuk memantau proses pembangunan bangunan baru yang menggangu ketertiban umum,”ujarnya.

Gerakan itu lanjut Hidayat dipersiapkan untuk mewujudkan Palu menjadi kota jasa. Sebab, sumber daya alam di daerah ini kurang bisa diandalkan.

“Kita bangun kota jasa ini untuk mendorong perekonomian kita. Makanya kita harus mulai bergerak menjaga kebersihan ini,”demikian Hidayat.

(mdi/Palu Ekspres)

Click to comment
To Top