Tiga CJH Sulteng Dipastikan Batal – Palu Ekspres
Palu

Tiga CJH Sulteng Dipastikan Batal

 

TIGA Calon Jamaah Haji (CJH) Sulawesi Tengah (Sulteng) yang sudah masuk dalam Kelompok Terbang (Kloter) dipastikan batal berangkat untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.
Sejumlah musibah yang menimpa mereka di detik-detik keberangkatan, menjadi penyebab ke tiga CJH tersebut membatalkan diri berangkat untuk menunaikan rukun islam ke 5 tersebut.

Tiga CJH Sulteng tersebut antara lain, Surtamali dari Kelompok Terbang (Kloter) 3 asal Kota Palu, Verawati dari Kloter 4 asal Kabupaten Sigi dan satunya lagi atas nama Husen juga dari Kloter 4 Asal Kabupaten Banggai.
CJH atas nama Surtamali, berdasarkan laporan yang diterima Panitia Penyelanggara Ibadah Haji (PPIH) Sulteng mengalami kecelakaan dan mengakibatkan kaki kirinya patah.
“Laporan yang masuk kemari, pada hari Senin, 24 Agustus 2015 atau bertepatan dengan jadwal masuk Asrama Haji Tenasit Palu untuk Kloter 3, dia mengalami kecelakaan dan menyebabkan kaki kirinya patah sehingga batal berangkat,”jelas salah satu petugas haji di Sekretariat Asrama Haji Transit Palu, Hasnan.
Sedangkan Verawati lanjut dia, membatalkan diri karena harus merawat suaminya yang sedang sakit.

“Kalau CJH atas nama Verawati membatalkan diri berangkat karena suaminya sakit. dia (Verawati,red) bilang tidak ada yang bisa jaga dan rawat suaminya selain dia, makanya dia batalkan berangkat tahun ini. Pembatalannay sudah dilaporkan beberapa hari sebelum masuk asrama,”terang dia.
Sementara CJH atas nama Husen, berdasarkan laporan yang disampaikan PPIH Kabupaten Banggai kepada PPIH Sulteng lanjut Hasnan, batal berangkat kerana kondisi kesehatannya memburuk sehingga tidak memungkinkan untuk diberangkatkan. “Laporan petugas haji di Kabupaten Banggai, kondisi kesehatannya tidak memungkinkan untuk berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini,” ucapnya.

Alhasil, tiga CJH tersebut akan berangkat pada penyelenggaraan haji tahun depan.
Adapun empat orang CJH Sulteng lainnya yang batal berangkat menunaikan ibadah haji, bedasarkan laporan Ketua PPIH Sulteng 2015 yang juga Kepala Kakanwil Kemanag Sulteng, Zulkifli Tahir dalam acara pelepasan CJH Kloter 2, Jumat, 21 Agustus 2015 lalu, disebabkan mutasi keluar daerah.
Antara lain katanya, dua orang ke Jawa Timur, satu ke Gorontalo, dan satu lainnya ke Sulawesi Utara. “Mutasi masuk tidak ada,” katanya.(mg9)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top