Terpilih Jadi Anggota Bawaslu, Ratna Dewi Pettalolo Bakal Izin ke Rektor Untad – Palu Ekspres
Palu

Terpilih Jadi Anggota Bawaslu, Ratna Dewi Pettalolo Bakal Izin ke Rektor Untad

Ratna Dewi Pettalolo

PALU EKSPRES, JAKARTA – Terpilihnya mantan Ketua Panwaslu Sulteng, Ratna Dewi Pettalolo sebagai satu dari lima anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat Sulteng.

Namun demikian, khusus untuk Ratna, ada sejumlah konsekwensi yang harus diterima. Salah satunya harus mengajukan cuti sebagai dosen di Universitas Tadulako.

Ratna tercatat sebagai dosen di Untad pada Fakultas Hukum sejak 1993. Ia juga berkiprah di luar kampus melalui sejumlah organisasi dan lembaga komisi yang dibentuk pemerintah, seperti Bawaslu.

“Kalau mengacu pada UU ASN yang baru, saya harus mengajukan cuti di luar tanggungan negara. Ini sudah konsekwensiny. Jadi saya setelah ini akan mengajukan permohonan izin ke rektor. Selama masa cuti, saya tidak terima gaji sebagai ASN (dosen),” kata Ratna kepada Palu Ekspres, Rabu (5/4).

Selain konsekwensi tak terima gaji selama lima tahun menjabat Anggota Bawaslu, Ratna juga bakal pinda domisili dari Palu ke Jakarta.

“Ia, harus pindah. Aturannya memang sudah begitu. Harus berdomisili di Jakarta, karena kantiornya kan di sini,” kata Ratna.

Sebelumnya diberitakan, Ratna terpilih dalam pemilihan oleh Komisi II DPR RI pada Selasa malam (4/4) bersama empat calon lainnya.

Ratna menduduki peringkat pertama dengan perolehan suara terbanyak, yakni 54 suara. Sementara calon lainnya, Mochammad Afifuddin (52), Rahmat Bagja (51), Abhan (34), dan Fritz Edward Siregar (33).

(MS/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!