Ternyata, Para PNS Lakukan Ciuman Masal itu di Depan Bupati – Palu Ekspres
Nasional

Ternyata, Para PNS Lakukan Ciuman Masal itu di Depan Bupati

JAKARTA, PE – Aksi ciuman masal yang dilakukan para Pegawai Negeri Sipil (PNS) mendapat kecaman dari masyarakat. Aksi itu dilakukan sebagai kejutan saat merayakan Valentine Day 14 Februari lalu. Foto-foto ciuman itu meneyebar di media sosial Facebook yang pertama kali diungah akun Triteria W Saroemaha.

Akun Triteria W Saroemaha menulis acara ciuman massal ini dilakukan di Kantor Lingkungan Hidup, Nias Selatan.

“Acara kejutan dari kantor lingkungan hidup di hari Valentine day. Pak bupati dan nyonya membagi bunga buat ASN & PNS. Happy valentine day buat pak bupati dan nyonya ya happy valentine day buat abang Amsarno Sarumaha dan kaka Lisrica Hura,” tulis Triteria dalam akunnya sembari menautkan sejumlah foto PNS berciuman dengan mamakai pakaian dinas.

Setelah ditelusuri, akun Triteria sudah menghapus postingannya. Meski begitu, postingan itu sudah kadung menyebar dan dibagikan oleh banyak netizen. Komentar pun berseliweran. Salah satunya Facebooker berakun Zack Laia.
“Sungguh sangat memprihatinkan, Oknum PNS di lingkungan Pemda Nias selatan Merayakan Valentine dengan cara seperti pada gambar di bawah ini. Seharusnya yang perlu diangkat adalah Nilai-nilai luhur Budaya Nisel yang sangat baik, bukan malah budaya Eropa yang memalukan seperti ini. Salam MJS : Mencium Jangan Sembarangan. Acara Valentine ini dilaksanakan di halaman kantor bupati Nisel dan disaksikan oleh Bupati dan Istri, sekda dan beberapa pejabat teras Pemda Nisel,” begitu tulis Zack dalam statusnya.

Memang, pasangan dalan foto itu merupakan pasangan suami istri. Akan tetapi, ciuman di tempat umum tidak sepatantasnya dilakukan, apalagi oleh PNS yang harusnya memberi contoh.

Status Facebook Zack Lia yang disertai beberapa foto PNS Ciuman dan diunggah 18 Februari ini sudah dibagikan dan dikomentari ribuan facebooker. Kebanyakan heran dan tercengang.
Kok bisa budaya ketimuran luntur di Nias Selatan. Akun Rita Permatasary mengecam aksi ciuman yang diumbar. “Gak ada lagi budaya timur, shame on you,” kecam dia, diamini Rafa Tuyog. “Salah kaprah. Termakan budaya barat,” tulisnya.

Facebooker AyuTegar Zuaimah istighfar. “Astagfirellahhaladzim,” tulisnya, diamini Atita Bu’nya Nis. “Tak beretika.”

Netizen bernama Ranesa Palu menyatakan, yang dilakukan para PNS itu tidak patut dilihat dan tak dapat menjadi contoh. “Sungguh contoh yang gak baik buat anak-anak di bawa umur,” tulis dia, diamini Facebooker Susan N.

Menurutnya, PNS sebagai pemimpin dalam menjalankan pemerintahan kok perilakunya aneh-aneh seperti ini. “Bukan masalah agama tapi kultur & budaya juga tak ada yang seperti ini. Mohon bapak pimpinan ajarilah kesopanan apa lagi kita seorang pegawai negeri. Malu…. malu… memalukan.” Sementara akun Ragil Ardenta menimpali. “Ini salah satu peluang untuk selingkuh.”

Sementara, akun Saifulbahri meminta jangan disebarkan lagi postingan terkait. “Buat teman-teman FB kalau yang kayak gini alangkah baiknya nggak perlu diposting lagi,” saran dia.

Meski demikian, ada juga yang membela aksi ciuman itu. Netizen menganggap itu wajar dilakukan bagi suami istri. “Hanya kemesraan bersama valentine. Kalau ada yang kurang senang silakan jangan dilihat,” tulis Faogomano Harefa.

Di Twitter, akun @ap_dadang menyesalkan aksi itu. Dia berharap instansi terkait menindaknya. “Na’udzubillah.. Tolong ditindak. Cc.@Kemendagri_ RI @kempanrb @asmanabnur2016,” cuitnya, menautkan akun Kemendagri, KemenPAN RB dan Menteu Asman Abnur.

Akun @sholehachmad36 bertanya sambil menyindir. “Apakah ini yang disebut Revolusi mental?” cuitnya, disambut @BanyHolil. “Astaghfirullah.. Memalukan! PNS Nias Selatan lakukan aksi ciuman massal di depan publik,” kicaunya.

(Fajar/PE)

Click to comment
To Top