Ternyata Bukan Nikotin, Ini Zat Paling Berbahaya dalam Rokok – Laman 2 – Palu Ekspres
Kesehatan

Ternyata Bukan Nikotin, Ini Zat Paling Berbahaya dalam Rokok

Melanjutkan hasil penelitian tersebut, Amaliya mengungkapkan, tidak dapat dipungkiri masyarakat masih kekurangan informasi mengenai produk tembakau alternatif seperti rokok elektrik dan produk tembakau yang dipanaskan bukan dibakar. Produk ini memiliki risiko lebih rendah daripada rokok tembakau.

“Banyak orang yang menganggap bahwa produk tembakau alternatif lebih berbahaya dibandingkan rokok konvensional. Anggapan ini muncul sebenarnya karena masyarakat masih keliru mengetahui kandungan senyawa kimia yang paling berbahaya dalam rokok.”

Selama ini masyarakat keliru menganggap bahwa nikotin adalah senyawa kimia yang paling berbahaya, padahal sebenarnya bukan itu. Dari 4.000 senyawa kimia berbahaya yang terkandung dalam rokok, tar merupakan senyawa yang paling berbahaya.

Tar, ujar Amaliya, mengandung zat-zat karsinogenik. Senyawa kimia ini yang jika dalam jangka panjang dihirup oleh manusia akan mengendap dalam tubuh dan memicu berbagai penyakit mematikan seperti paru-paru, jantung dan kanker.

Sedangkan nikotin adalah senyawa kimia organik kelompok alkaloid yang dihasilkan secara alami pada berbagai macam tumbuhan. Tidak hanya tembakau, nikotin juga dihasilkan secara alami oleh terung dan tomat.

Dalam konsumsi jangka panjang, nikotin memang dapat menimbulkan kecanduan, tetapi tidak memicu berbagai penyakit berbahaya sebagaimana tar.

“Sangat penting untuk mengedukasi masyarakat mengenai hal ini (nikotin dan tar), sehingga masyarakat bisa paham bahwa produk tembakau alternatif seperti produk tembakau yang dipanaskan bukan dibakar dan rokok elektrik dapat menjadi salah satu solusi bagi perokok untuk mendapatkan alternatif produk dengan risiko yang lebih rendah sehingga dapat menjadi solusi dalam mengurangi jumlah perokok di Indonesia,” ujarnya.

(met/JPC)

2 of 2Next

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!