Terapkan MBS Secara Maksimal, Cegah Tindakan Negatif Peserta Didik – Palu Ekspres
Palu

Terapkan MBS Secara Maksimal, Cegah Tindakan Negatif Peserta Didik

PALU EKSPRES, PALU – Para Kepala Sekolah diminta untuk menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) secara maksimal. Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulteng, Irwan Lahace, hal ini sangat penting dilakukan, untuk mencegah atau meminimalisir timbulnya tindakan-tindakan negatif dari para peserta didik.

Penerapan MBS secara maksimal ini kata Irwan, merupakan salah satu peran utama para Kepala Sekolah, dalam posisinya sebagai pemimpin yang mengatur berbagai hal di sekolah.

“Peran manajemen sekolah sangat penting untuk meminimalkan itu, justru itu sekarang para Kepala Sekolah itu, kan tugasnya hanya me-manage atau mengatur, mereka tidak diberikan jam lagi untuk mengajar. Apalagi di sekolah terdapat SDM-SDM yang bagus, semua orang-orang terdidik, kalau Kepala Sekolahnya betul-betul melaksanakannya, maka itu bisa tercapai,” jelas Irwan, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis 26 Oktober 2017.

Di sisi lain lanjut Irwan, pihak sekolah tentu juga tidak boleh melupakan, bahwa karakter dan perlaku para anak didik, sangat ditentukan oleh faktor lingkungan sekitarnya.

“Kita juga perlu untuk kembali memperhitungkan faktor lingkungan anak-anak didik. Karena di dalam prinsip pendidikan, pendidik pertama dan yang utama adalah orang tua,” imbuhnya.

Hal ini katanya, juga perlu menjadi perhatian pihak sekolah, dalam mempertimbangkan langkah-langkah efektif yang akan diambil, terkait pencegahan perilaku negatif siswanya.
Sekadar informasi, MBS dapat diartikan sebagai model pengelolaan, yang memberikan otonomi atau kewenangan dan fleksibilitas lebih besar kepada kepala sekolah, dalam mengambil kebijakan atau keputusan-keputusan, yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan sekolah.

Hal ini dapat dilakukan, dengan turut mendorong partisipasi langsung warga sekolah bersama dengan masyarakat. Dalam penerapannya, MBS tentu harus berdasarkan kebijakan dan peraturan pendidikan nasional, serta undang-undang yang berlaku.

(abr/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!