TDCC 2017, Zalzulmida Kritik Dinas Pariwisata – Palu Ekspres
Daerah

TDCC 2017, Zalzulmida Kritik Dinas Pariwisata

KOORDINASI - Bupati Sigi, Irwan Lapata, Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra, Bunga Elim Somba, Bupati Poso, Darmin Sigilipu dan Ketua Komisi 4 DPRD Sulteng, Zalsulmida A Djanggola memimpin rapat evaluasi persiapan even TDCC, Rabu 14 Juni 2017 di Ruang Polibu Kantor Gubernur Sulteng. foto HAMDI ANWAR/pe

PALU EKSPRES, PALU – Pemprov Sulteng terus menggenjot kesiapan penyelenggaran even Tour De Central Sulawesi (TDCC), November 2017 mendatang.

Di Ruang Polibu Kantor Gubernur, panitia dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) rapat bersama dimpimpin Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Bunga Elim Somba, mewakili Gubernur Sulteng.

Elim didampingi Ketua Komisi IV DPRD Sulteng, Zalzulmida Djanggola, Bupati Sigi, Irwan Lapatta dan Bupati Poso, Darmin Sigilipu. Di forum itu mengemuka masalah koordinasi antar bidang-bidang penyelenggara yang telah ditetapkan melalui surat keterangan (SK) Gubernur Sulteng.

Zalzulmida Djanggola selaku penginisiasi TDCC menyebut, sejauh ini memang sudah ada beberapa agenda kegiatan pendukung TDCC yang berjalan. Namun kegiatan itu tidak saling dikoordinasikan. Sehingga terkesan tidak saling mengetahui.

“Contohnya Dinas Pariwisata. Sudah ada kegiatan yang digelar tapi bidangnya lainnya tidak mengetahui,”jelasnya.

Demikian koordinasi kesiapan pemerintah kabupaten yang dilalui jalur TDCC. Sejauh ini belum terkoordinasi dengan baik. Dia mengaku belum mendapat gambaran terkait kesiapan khusus event TDCC. Bukan program dan kegiatan pendukungnya.

“Ini lantaran jarang ada rapat-rapat kecil di bidang tugas masing-masing,”sebutnya. Demikian halnya rencana launching TDCC. Sejauh ini ungkapnya dirinya tidak mengetahui apakah sudah siap dilaksanakan atau belum. Mengingat jadwal launching telah direncanakan digelar awal Juli 2017.

“Belum ada kesiapan yang matang,”jelasnya.

Menurut dia, rapat kesiapan TDCC sudah harus mulai digalakkan. Agar suruh kesiapan bisa terkoordinasi dengan baik. Mengingat waktu yang makin dekat, yakni November mendatang.

Lemahnya koordinasi ini juga diakui Wakapolda Sulteng Kombespol Aris Purnomo. Menurut dia pihaknya tidak pernah dikoordinasikan mengenai dukungan pengamanan.

“Jadi kita intinya menunggu kesiapan soal rute dan teknis lainnya. Agar ada evaluasi untuk penyiapan pengamanan,”jelas Wakapolda.

Namun begitu pihaknya akan memerintahkan seluruh Kapolres segera berkoordinasi Pemda setempat. Agar polisi bisa merancang kesiapan pengamanan. “Kami harus pastikan pengamanan even itu kami mulai dari lokasi Star, rute, finish hingga ke penginapan peserta,”kata Wakapolda.

(mdi/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top