Target Investasi Sulteng Rp14,5 T – Palu Ekspres
Daerah

Target Investasi Sulteng Rp14,5 T

PALU, PE – Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Izin Terpadu Satu Pintu (BPMPITSP) Sulteng, Sandra Tobondo menyebutkan, invetasi Sulteng tahun ini ditarget sebesar Rp14,520triliun. Target itu menurutnya ditetapkan pemerintah pusat sebagai tolak ukur kemajuan investasi di satu daerah.

“Jadi target nilai investasi kita tahun ini Rp14triliun lebih,”ungkap Sandra Tobondo, Selasa 7 Juni 2016 di kantornya. Hingga tri wulan satu yakni Januari sampai dengan Maret 2016, target itu menurut Sandra telah terealisasi sebesar Rp4,7triliun lebih. Angka realisasi kata Sandra diperoleh melalui informasi transaksi yang termuat dalam izin prinsip perusahaan bersangkutan.

“Selain infomasi dari izin prinsip, kami juga koordinasi langsung ke perusahaan di kabupaten dan kota. Kalau sudah ada konstruksi, maka akan terlihat perencanaannya,”jelasnya.

Pihaknya kata Sandra juga mendapatkan nilai realisasi melalui pengenedalian di lapangan. Dari pengendalian itu, pihaknya ,memperoleh informasi mengenai seberapa besar peluang investasi satu perusahaan. “Jadi kalau tidak ada pengendalian, maka kami tidak akan menemukan angka realisasi itu.

Artinya kita dilapangan harus tahu masalah yang dihadapi investor dalam berinvenstasi. Termasuk menginventarisir penyebab macetnya sebuah kegiatan usaha sehingga usaha itu tidak bertambah investasinya,”jelas Sandra.

Dia menambahkan, investasi terbesar masih berasal dari sektor pertambangan di Kabupaten Morowali. Sektor usaha yang berkembang di kabupaten itu jelasnya adalah industri logam dasar berupa produksi yang dikelolah dengan sistem smelter. Target investasi di Morowali ditetapkan sebesar Rp5,1triliun  dari total target investasi Sulteng.
“Industri logam ini besar karena dia padat modal, artinya duitnya banyak. Berbeda dengan pertanian dan perkebunan,”jelasnya lagi.

Nilai Invetasi itu menurutnya turut menyumbang peningkatan angka pertumbuhan ekonomi. Tahun 2015 silam, pertumbuhan ekonomi Sulteng tercatat 15,6persen. Artinya, ada sekitar 25 persen sumbangsing invetasi dalam pertumbuhan ekonomi tersebut.

“Berdasarkan hasil kajian dari tim ahli ekonomi Sulteng, invetasi itu turut menyumbang sekitar 25persen terhadap pertumbuhan ekonomi yaitu 15,6persen. Tahun lalu realisasi investasi 10,5Trilyun. Artinya luar biasa sebenarnya kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi,”demikian Sandra.(mdi).

Target Investasi Per kabupaten/ kota se Sulteng.

Morowali              – Rp5,1 trilyun.
Palu                       – Rp2.6 trilyun.
Banggai                 – Rp2,1 trilyun
Morowali Utara   – Rp2 trilyun
Poso                       – Rp1,8 trilyun
Donggala               – Rp620 miliar
Parigi Moutong    – Rp80 miliar.
Touna                    – Rp30 miliar
Sigi                         – Rp26 miliar
Tolitoli                   – Rp20 miliar
Buol                        – Rp20 miliar
Bangkep                – Rp10 miliar
Banggai Laut        – –

Target///
Banggai Laut Nihil

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!