Tanam Pohon Berkontribusi Pada Pelunakan Iklim Mikro – Palu Ekspres
Pendidikan

Tanam Pohon Berkontribusi Pada Pelunakan Iklim Mikro

PALU EKSPRES, PALU – Puluhan aktivis komunitas sosial Pecinta Bahasa Inggris TELC, bersama dengan beberapa mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Tadulako (Untad), menggelar penanaman puluhan bibit pohon, di beberapa lokasi, di antaranya di sekitar lingkungan Fakultas Pertanian Untad, Sabtu (22/4).

Penanaman bibit pohon jenis Trembesi dan Nangka tersebut, merupakan bagian dari peringatan Hari Bumi Sedunia, yang jatuh pada tanggal 22 April setiap tahunnya.

Menurut Akademisi Untad dan Pembina TELC, Dr. Muhd Nur Sangadji, DEA., penanaman pohon tersebut, merupakan bagian dari kontribusi, dalam upaya pelunakan iklim mikro, di kawasan Kota, khususnya di Kota Palu.

“Tentunya ini inisiatif yang sangat baik dari teman-teman. Penanaman pohon ini untuk memberikan kontribusi, kepada upaya pelunakan iklim mikro, juga menjadi sumbangan oksigen untuk mengimbangi dan menyerap kandungan karbondioksida, yang ada di udara Kota Palu,” jelas Nur Sangadji, melalui sambungan telepon, Minggu (23/4).

Nur Sangadji menambahkan, pohon nangka turut menjadi pilihan, karena dapat memberikan dampak positif lainnya, yakni pemanfaatan buah nangka, sebagai salah satu buah yang cukup digemari dan memiliki khasiat bagi tubuh manusia.

Selain itu, ia menegaskan, penanaman pohon yang dilakukan oleh para aktivis komunitas sosial dan mahasiswa tersebut, juga sebagai langkah untuk mengimbangi kegiatan penebangan pohon, yang dilakukan oleh oknum-oknum masyarakat Kota Palu.

“Upaya penanaman ini, juga untuk mengimbangi gerakan penebangan sewenang-wenang, yang biasa dilakukan oleh oknum-oknum masyarakat Kota Palu, kadang tanaman-tanaman yang sudah puluhan tahun tumbh, tapi seperti tidak ada yang memiliki, termasuk dalam hal ini pemerintah kota. Sehingga, terkesan adanya pembiaran, oknum-oknum tersebut bebas untuk menebang, misalnya hanya karena alasan merasa terganggu dan sebagainya,” jelasnya lagi.

Prev1 of 2

Click to comment

BERITA POPULER

To Top