Tak Hanya Antre, Warga Harus Keluarin Duit Demi Air Bersih – Hacked by TryDee
Daerah

Tak Hanya Antre, Warga Harus Keluarin Duit Demi Air Bersih

PALU EKSPRES, CIMAHI – Musim kemarau akhir-akhir ini membuat sebagian besar Kota Cimahi kesulitan air bersih. Warga di kota tersebut harus antre demi mendapatkan air bersih dari penjual.

Hal ini diakui oleh Zaenal Hamzah (37) warga Kp. Babakan Utama, RT05/02, Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan. Warga harus antre di rumah warga lainnya yang memiliki sumur artesisi mendapatkan air bersih.

Dikatakan, krisis air di Kota Cimahi terjadi sejak dua pekan lalu. Hamzah juga mengaku, bila kondisi kemarau, maka hal ini akan terjadi. “Wilayah kami ini agak jauh dari pabrik, jadi tak mendapatkan jatah air. Dari partai juga sebenarnya suka ada yang ngasih, tapi jarang sampai ke sini,” ujarnya, Rabu (13/9).

Ia mengatakan, warga terpaksa membeli air bersih seharga Rp2.000/jerigen berisi 30 liter dari penjual air. Namun kini, ada seorang warga di wilayahnya yang memiliki sumur artesis. “Lumayan kalau musim kemarau di sini mah pasti keluar duit buat beli air bersih,” ungkapnya.

Sementara itu, berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kota Cimahi, meskipun menurun dari tahun 2015 lalu, namun masih ada sedikitnya 4 ribu warga Cimahi yang mengalami krisis air bersih saat ini.

Di tahun 2015 lalu, terdapat 27 ribu warga yang mengalami krisis air bersih. “Sekarang sudah mulai disuplai air, kita koordinasi dengan UPT Air Minum,” kata Kepala BPBD Kota Cimahi, Dani Bastian,

Menurutnya, saat ini krisis air bersih nyaris merata di tiga wilayah Kota Cimahi, Cimahi Selatan, Utara dan Tengah. “Krisis air ini kemungkinan dari faktor alam,” ucapnya.

(Fajar/pojok jabar)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!