Tak Bosan “Kampanye” Tanam Cabai di Pekarangan – Palu Ekspres
Daerah

Tak Bosan “Kampanye” Tanam Cabai di Pekarangan

Ketua TP PKK Parimo, Hj Noor Wachida S Tombolotutu (tengah), usai Rapat Konsultasi dan LP PKK se Sulteng, Rabu (10/5). Foto Anita Anggraini/PE

PALU EKSPRES, PARIMO РDari sekian banyak peserta Rapat Konsultasi dan LP PKK se Sulteng, tampak bersemangat Ketua TP PKK Parigi Moutong, Hj Noor Wachida R Tombolutu. Noor Wachida terlihat antusias. Termasuk  saat berkunjung ke Kebun Percontohan PKK Sulteng yang terletak di Karanjalemba, Palu, Kamis, pekan lalu.

Noor Wachida tak sungkan bersama peserta lain melihat langsung kebun cabai, tomat, terong dan bermacam tanaman sayuran lain dan obat-obatan yang tumbuh di lahan seluas 4 hektar itu.

Dia mengapresiasi kebun percontohan yang digagas Ketua TP PKK Sulteng, Hj Zalzulmida Aladin Djanggola ini. Cabai yang tumbuh subur dan segar menjadi perhatiannya.

Noor Wachida bercerita, dia pun tak pernah lelah mengkampanyekan menanam cabai kepada ibu rumah tangga di Parigi Moutong. Menurut Noor, meskipun kelihatan barang sepele, namun cabai atau Rica adalah bumbu sangat penting, apalagi bagi orang Sulteng.

“Sehari mungkin kita hanya mengeluarkan Rp10 ribu untuk beli cabai. Namun bila setiap hari kita mengeluarkan dana, tentu sebulan bisa ratusan ribu,” ujarnya. “Makanya saya gak bosan-bosan mengajak ibu-ibu di Parigi Moutong untuk menanam cabai dan sayur mayur di pekarangan rumahnya sendiri,” ujar Noor kepada Palu Ekspres dalam perjalanan ke kebun percontohan.

Isteri Bupati Samsurizal Tombolotutu ini mengatakan tak perlu lahan luas untuk menanam sayur dan bumbu-bumbu di rumah sendiri. “Bisa kok ditanam dalam pot-pot, atau sekalian memanfaatkan lahan tidur yang ada di sekitar kita,” ujar Noor Wachida.

Puteri kelahiran Magelang ini, yakin setiap rumah tangga yang memiliki kebun sayur dan bumbu seperti cabai dan tomat itu, akan sangat terbantu dalam urusan memenuhi nutrisi bagi anggota keluarganya.

(aaa/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top