Sutarman: IKA dan Untad Ibarat Anak Sama Orang Tua – Hacked by TryDee
Pendidikan

Sutarman: IKA dan Untad Ibarat Anak Sama Orang Tua

PELANTIKAN – Para Presidium dan Pengurus Pusat IKA Untad periode 2017-2021, saat dilantik oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Untad, Kamis 20 April 2017. foto IMAM/PE

PALU EKSPRES, PALU – Pengurus Pusat Ikatan Alumni (IKA) Universitas Tadulako (Untad) periode 2017-2021, resmi dilantik, di ruang theater Media Center Untad, Kamis (20/4). Para pengurus IKA Untad, dikukuhkan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Sutarman Yodo.

Dalam amanatnya, Prof. Sutarman menyebut, hubungan antara IKA dan Untad, diibaratkan hubungan antara anak dengan orang tua. IKA yang diibaratkan seorang anak, tentunya memiliki beban tanggung jawab, untuk membahagiakan orang tua yang telah melahirkannya, yakni institusi tempat belajarnya dahulu.

“Jika diibaratkan,  IKA Untad bagaikan seorang anak, yang lahir dari orang tua, yakni Untad. Biasanya, orang tua tidak pernah menuntut banyak kepada anaknya, mereka sangat gembira, ketika anaknya berhasil di segala aktivitasnya, itulah nilai tertinggi dirasakan oleh orang tua.

Sebaliknya, seorang anak selalu ingin membahagiakan orang tuanya, sebagai wujud pengabdiannya. Seperti itulah yang saya ketahui,” jelas Prof. Sutarman.
Selain itu, Prof. Sutarman juga menekankan, bahwa wajah suatu Universitas, juga ditentukan oleh seperti apa wajah atau peran alumni dari Universitas tersebut.

Olehnya, ia berpesan kepad para pengurus IKA Untad yang baru, agar dapat membanggakan almamaternya, dengan bentuk pengabdian, sesuai dengan kapasitas diri masing-masing.

Sementara itu, Ketua Presidium Pegurus Pusat IKA Untad periode 2017-2021, Dr. Eko Jokolelono menyebutkan, untuk kali pertama kepengurusan IKA Untad, menggunakan system presidium.

Hal ini dilakukan, jelas Eko, dengan pertimbangan luasnya jaringan organisasi IKA Untad, yang mesti diakomodir oleh pimpinan yang tidak hanya seorang diri.

“Ini kali pertama IKA Untad menggunakan struktur Presidium, dengan berbagai pertimbangan, bahwa organisasi sosial berbasis intelektual ini, tersebar di seluruh nusantara, bahkan di luar negeri.
Sehingga, dipandang penting bahwa, kepemimpinan satu orang, itu sulit untuk mengakomodir semua,” jelasnya.

Eko melanjutkan, ke depan program kerja yang akan dilakukan oleh pengurus IKA Untad, di antaranya ialah melakukan konsolidasi IKA Untad, di seluruh daerah, untuk melanjutkan kepengurusan IKA Untad di tiap daerah.

“Yang tidak kalah pentingnya, kita sedang upayakan pembuatan website, untuk mengakomodir jangkauan jaringan yang begitu luas,” pungkasnya.

Pengurus Pusat IKA Untad periode 2017-2021, disahkan melalui Surat Keputusan Rektor Untad bernomor 2225/UN28/KP/2017, tertanggal 13 April 2017.

Dalam susunan kepengurusan tersebut, terdapat nama Gubernur Sulteng, Drs. H. Longki Djanggola, M.Si, bersama dengan Rektor Untad, Prof. Dr. H. Muhammad Basir, yang tercantum sebagai Dewan Kehormatan.

Sedangkan Presidium Pengurus Pusat IKA Untad yang dilantik, masing-masing Dr. H. Eko Jokolelono, SE, M.Si., Drs. Tasrif Siara, Dr. Ir. Muhd. Nur Sangadji, DEA., Arifin Sunusi, SH., Muh. Rizal Abd. Rauf, ST., Dr. Sagaf Djalalembah, MP. dan Drs. H. Lukman Said. Sedangkan Dr. Muzakir Tawil, M.Si. dikukuhkan sebagai Sekretaris Jenderal.

(abr/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!