Susumi Jadi Pembuka Puncak FPTT 2017 – Palu Ekspres
Daerah

Susumi Jadi Pembuka Puncak FPTT 2017

Tarian Susumi yang ditampilkan di acara pembukaan Festival Teluk Tomini, Minggu (9/4). Foto Anita Anggraini

PALU EKSPRES, PARIMO – selaiknya sebuah acara budaya dan pariwisata, kesenian menjadi bagian dari kemeriahan kegiatan. Demikian juga acara puncak Festival Pesona Teluk Tomini yang dihelat Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Minggu (9/4).

Tarian Susumi menjadi opening ceremony FPTT yang berlangsung di lokasi eks Sail Tomini di Dusun Kayu Bura Desa Pelawa Baru, Kecamatan Parigi Tengah.

Susumi yang berasal dari Bahasa Suku Asli Lauje yang mendiami Wilayah Tinombo, Pantai Utara Parigi Moutong ini bermakna Cumi-cumi. Cumi-cumi adalah salah satu komoditas yang menjadi andalan Pantai di Teluk Tomini. Meskipun disebut-sebut penyumbang kolesterol pada makanan namun tetap menjadi sajian yang paling dicari masyarakat. Itu sebabnya, Bupati Parigi Moutong, Samsu Rizal Tombolotutu melahirkan ide untuk membuat tarian tersebut.

Tari Susumi dimainkan dengan cantik oleh sejumlah penari perempuan dan lelaki muda dengan mengenakan kostum dasar warna hitam.

Terlihat hadir pada acara puncak FPTT 2017 itu Walikota Palu, Hidayat. Bapak yang sederhana ini berbaur dengan para tamu dan undangan di tribun pertama.

(aaa/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top