Soal Petani, Wantimpres Rekomendasikan Parimo ke Presiden – Palu Ekspres
Daerah

Soal Petani, Wantimpres Rekomendasikan Parimo ke Presiden

Ketua rombongan Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Mayjen TNI (Purn), Dr. (H.C) I.G.K Manila bersama tim meninjau langsung perkebunan kakao milik warga di Kecamatan Sausu. Foto : Jeprin/Humas Pemda Parigi Moutong

PALU EKSPRES, PARIGI – Ketua rombongan Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Mayjen TNI (Purn), Dr. (H.C) I.G.K Manila mengaku akan segera menyampaikan laporan kepada Presiden Joko Widodo terkait berbagai permasalahan yang dihadapi petani di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo).

Kata Manila, meski Wantimpres bukan penentu kebijakan, namun ia bersama tim  yang telah berkunjung ke Kabupaten Parimo akan memberikan nasehat sekaligus rekomendasi kepada Presiden Jokowi agar daerah pemekaran ke sembilan di Provinsi Sulawesi Tengah ini, dapat dibantu melalui program yang melekat di kementerian terkait.

“Saya tidak bisa tentukan apakah ada bantuan atau tidak, tetapi sekembalinya dari sini kami akan bertemu Presiden untuk menyampaikan rekomendasi, agar kesulitan yang dihadapi petani di daerah ini bisa diatasi melalui program yang ada di Kementerian terkait. Selanjutnya nanti Presiden yang tugasi Menterinya,”kata Manila ditemui disela sela pertemuan dengan masyarakat di wilayah selatan Kabupaten Parigi Moutong, belum lama ini.

Manila mengatakan ia bersama tim telah mendapatkan banyak informasi dan gambaran terkait permasalahan yang dihadapi petani di daerah ini. Salah satunya adalah kendala petani dalam meningkatkan produktifitas tanaman kakao karena tanaman yang berjaya di tahun 1990 itu sudah memasuki usia kurang produktif sehingga mengakibatkan produktifitas menurun.

Selain soal usia yang tak lagi produktif, serangan hama penyakit menyebabkan buah kakao petani mengalami penurunan. “Ini harus dicarikan solusi agar petani bisa berdaya. Tugas kami hanya menyampaikan, nanti Presiden yang panggil Menteri Menterinya mengatasi persoalan ini,”ujarnya.

Tak hanya petani kakao, sejumlah petani jagung dan tambak juga perlu mendapatkan perhatian dari Pemerintah pusat. Misalnya bagaimana mendorong agar Perbankan mau memberikan kredit usaha dengan bunga yang ringan kepada petani. Temuan Manila dan tim di lapangan, masih banyak petani yang kesulitan memperoleh kredit usaha karena persyaratan memperoleh kredit tersebut yang tidak bisa dipenuhi.

“Kami sudah mendengar langsung dari petani apa yang paling mendasar mereka butuhkan. Informasi ini akan kami olah dan segera disampaikan kepada Bapak Presiden,”ujarnya.
Di Kecamatan Sausu, Manila bersama tim meninjau langsung perkebunan kakao milik warga. Ia juga berdialog langsung dengan Petani kakao.

(humas/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!