Sigi Masih Butuh 10 Jembatan – Palu Ekspres
Daerah

Sigi Masih Butuh 10 Jembatan

 

Jembatan Kamarora Perlu Mendapat Perhatian Khusus
SIGI, PE – Perbaikan dan peningkatan infrastruktur di Kabupaten Sigi harus terus digenjot. Pasalnya, masih banyak jalan dan jembatan di sejumlah wilayah di Sigi jauh jauh dari harapan. Seperti di Desa Kamarora, Kecamatan Nokilalaki. Untuk menuju arah desa tersebut, pengendara diminta untuk berhati-hati melewati  jembatan Kamarora atau penghubung satu-satunya ke wilayah tersebut.

Camat Nokilalaki H Yunus Kasim mengatakan, pembangunan jembatan ini berasal dari swadaya masyarakat Nokilalaki. Dengan keterbatasan anggaran, jembatan ini yang terbuat dari batang pohon kelapa hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua.

“Mobil harus lewat sungai pak. Kalau hujan deras, jembatan kami ini biasanya hanyut dan kemudian masyarakat kembali berbondong – bondong bangun jembatan lagi, ini jalur utama untuk ke Kamarora, ” kata H Yunus Kasim belum lama ini.

Jika hujan deras, masyarakat Nokilalaki atau Desa Kamarora terpaksa tidak dapat melewati jembatan ini. Bahkan seringkali mobil milik pejabat Pemkab Sigi hanyut akibat terbawa arus saat melewati sungai tersebut.
“Saya minta ini perlu diperhatikan, karena ini sangat berbahaya pak, ” tambahnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sigi Iskandar Nontji mengatakan, dengan keterbatasan dana maka pembangunan jembatan Kamarora tidak dapat dilakukan. Ia menjelaskan, di Kabupaten Sigi terdapat wilayah -wilayah yang masih terisolir dalam artian belum memiliki infrastruktur yang memadai.

“Sedikitnya ada 10 hingga 15 wilayah yang belum ada jembatannya. Itu ada di Kecamatan palolo, Nokilalaki, Pipikoro, Kulawi Selatan  dan Marawola Barat, ” jelasnya.
Berulang kali pemerintah daerah mengirimkan usulan penambahan anggaran untuk perbaikan dan pembangunan infrastruktur diwilayah ini. Namun, usulan tersebut tidak sesuai harapan.

“Jadi kita hanya cukup bersabar saja, karena kami sudah berusaha dengan keterbatasan anggaran mengirimkan usulan ini ke pemerintah pusat, namun tidak semuanya yang diakomodir, ” katanya. (mg02)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!