Sidak Tim Pangan Temukan Sejumlah Produk Bermasalah – Palu Ekspres
Ekonomi

Sidak Tim Pangan Temukan Sejumlah Produk Bermasalah

SIDAK MAKANAN -- Kepala Seksi Penyidikan dan Pemeriksaan BPOM Palu, Ruth Mery Nancy (tengah), saat memberikan penjelasan, kepada manajemen salah satu sarana perbelanjaan, terkait produk makanan ringan curah, pada sidak Tim Jejaring Keamanan Pangan Kota Palu, Rabu 31 Mei 2017. foto IMAM/PE

PALU EKSPRES, PALU – Tim Jejaring Keamanan Pangan Kota Palu, yang terdiri dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Palu, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palu dan Dinas Kesehatan Kota Palu, menemukan sejumlah produk makanan yang bermasalah, di beberapa sarana perbelanjaan besar di Kota Palu.

Produk-produk bermasalah tersebut ditemukan, saat Tim Jejaring Keamanan Pangan melakukan inspeksi mendadak (sidak), di sejumlah sarana perbelanjaan besar (swalayan/department store) di Kota Palu, di antaranya Bumi Nyiur Swalayan (BNS), Palu Mitra Utama (PMU) dan Transmart Carrefour Palu.

Dari pantauan Palu Ekspres, di PMU Tim Jejaring menemukan salah satu produk permen impor merek Hong Mao, yang menyalahgunakan izin edar dari BPOM. Permen tersebut tercantum sebagai permen dengan varian rasa mangga, tetapi mencantumkan nomor registrasi BPOM atas izin permen varian rasa jeruk mandarin.

Selain itu, permen impor tersebut, juga tidak memiliki keterangan berbahasa Indonesia, hanya menggunakan bahasa Mandarin dan Thailand.

“Jadi, setiap rasa itu harus beda pendaftarannya, dan nomor registrasinya lain. Yang kedua, produk ini tidak ada penandaan bahasa Indonesia,” ujar salah seorang petugas dari BPOM Kota Palu, Supendy.

Atas temuan tersebut, tim kemudian menyita sebanyak 12 bungkus besar permen jenis tersebut yang tersisa, untuk segera ditelusuri lebih lanjut.

Prev1 of 2

Click to comment

BERITA POPULER

To Top