Setelah Sulteng, Kini Giliran Kalteng Diterjang Banjir – Palu Ekspres
Daerah

Setelah Sulteng, Kini Giliran Kalteng Diterjang Banjir

PALU EKSPRES, KATINGAN – Pekan lalu hijan deras melanda Sulasesi Tengah dan menyebabkan banjir sidikitnya di enam wilayah kabupaten kota. Kini, giliran Kalimatna Tengah yang diterjang banjir.

Sebanyak empat Kabupaten di wilayah Kalteng tengah mengalami musibah banjir. Atas terjadinya banjir di beberapa wilayah seperti Kabupaten Pulang Pisau, Kapuas, Barito Utara dan Katingan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalteng terus berupaya mengantisipasi banjir susulan dan agar tidak ada jatuhnya korban.

“Dampak masih dalam proses pendataan. Sedangkan Barut dan Kapuas status tanggap darurat bencana banjir,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalteng Syahril Tarigan Rabu (7/6).

Atas terjadinya musibah banjir ini, pihaknya mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap banjir yang bisa saja terjadi di wilayahnya masing-masing. “Sejauh ini masih bisa ditangani kabupaten untuk musibah banjir dan kita siap membantu ketika dibutuhkan,” imbuhnya.

Meskipun sudah melanda empat kabupaten, saat ini penanganan banjir masih dilakukan BPBD Kabupaten. BPBD Kalteng katanya, masih bersifat siaga. “Bantuan peralatan dan personel sudah disiapkan, kapanpun dibutuhkan,” ujar mantan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kalteng ini.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Kalteng Heriansyah meminta pemerintah provinsi maupun kabupaten, cepat tanggap terkait musibah banjir di beberapa daerah di Kalteng. Hal ini dilakukan agar para korban cepat tertangani dengan baik.

“Harapan kita pemerintah hadir membantu masyarakat terkena musibah dan segera lakukan upaya konkrit,” tukasnya.

(alh/abe/wnd/JPG)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!