Setelah 12 Tahun Dropout, Akhirnya Pendiri Facebok Diwisuda – Palu Ekspres
Internasional

Setelah 12 Tahun Dropout, Akhirnya Pendiri Facebok Diwisuda

PALU EKSPRES, JAKARTA – Setelah dropout dari Universitas Harvard, Amerika Serikat, selama 12 tahun, Mark Zuckerberg akhirnya lulus kuliah dan mendapat gelar akademis. Kemarin, Kamis (25/5) suami dari Priscilla Chan itu secara resmi menerima gelarnya. Layaknya pengguna Facebook, usai diwisuda, dia langsung update status.

Dalam statusnya, Zuckerberg menandai sebuah peristiwa penting yang berjudul Harvard Degree. Sebuah ikon bergambar topi sarjana berwarna biru mejeng di status Facebooknya. Tidak lupa, dia mengunggah foto bersama kedua orang tuanya yakni Edward Zuckerberg dan Karen Kempner.

’’Mom, I always told you I’d come back and get my degree (Bu, saya selalu bilang kalau saya akan kembali dan mendapatkan gelar itu, red),’’ tulis Zuckerberg di kolom statusnya. Postingan itu mendapat reaksi lebih dari satu juta orang dan ucapan selamat.
Mark Zuckerberg saat mengikuti prosesi pemberian gelar kehormatan dari Harvard.

Lantas apa gelar akademik apa yang diterima Zuckerberg? dalam video yang dilansir dari Boston.com menyebutkan kalau dia mendapat gelar doktor di bidang hukum. Lho, bukannya belum sarjana? tidak perlu bingung. Sebab, gelar yang diterimanya merupakan gelar kehormatan. Jadi, dia tidak perlu dipusingkan dengan skripsi maupun tesis untuk bisa mendapatkan gelar dari kampus ternama itu. Gelar tersebut diberikan bersamaan dengan pidatonya saat membuka angkatan 2017 Universitas Harvard.

Tentu saja, dia mendapat gelar kehormatan berkat suksesnya Facebook. Zuckerberg sendiri memilih untuk berhenti kuliah dari Harvard karena ingin fokus pada Facebook. Keputusan itu bisa dikatakan tepat. Sebab, keseriusannya terhadap media social itu berdampak positif. Facebook menjadi media sosial yang popular.

Tidak hanya itu, gara-gara Facebook pula dia menjadi triliuner dengan kekayaan sebanyak USD 62,5 miliar atau sekitar Rp 831 triliun. Memberikan pidato pembuka kelas baru Harvard membuatnya kini sejajar dengan Bill Gates. Bos Microsoft -yang juga dropout dari Harvard- pernah memberikan pidato satu dekade lalu.

’’Gelar ini sangat bermakna untuk saya. Begitu juga untuk kedua orang tua yang sangat ingin saya lulus. Mungkin, ini hal yang paling membanggakan dari saya,’’ kata Zuckerberg dalam video live seperti yang dilansir dari Dailymail. Meski akhirnya mendapat gelar akademis setelah belasan tahun dropout, pria 33 tahun itu tentu tidak perlu pusing mencari pekerjaan. Selamat!.

(dim/JPK)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top