Sesar Palu Koro Harus Terus Diwaspadai – Palu Ekspres
Palu

Sesar Palu Koro Harus Terus Diwaspadai

EVALUASI BENCANA - Sekretaris Kota Palu, Asri di dampingi Kepala BPBD, Presly Tampubolon dalam rapat evaluasi program dan kegiatan penanggulangan bencana, Selasa 15 Mei 2018 di kantor wali kota. foto hamdi anwar/pe

PALU EKSPRES, PALU – Sesar Palu Koro atau patahan kulit bumi yang membentang di Pulau Sulawesi tak pernah lepas perhatian pemerintah. Di Kota Palu Sulteng, sesar ini paling berpotensi memicu gempa bumi.

Sekretaris Kota (Sekkot) Palu, Asri menyebut di Indonesia terdapat dua pulau yang memiliki sesar teraktif yaitu di Pulau Sulawesi dan Sumatera. Di Pulau Sulawesi, Kota Palu merupakan daerah yang paling rawan terdampak bencana alam gempa dan tsunami akibat sesar itu. Sedangkan di Pulau Sumatera adalah Kota Padang.

Menurutnya, berdasarkan analisa pakar geologi, tahun 2016 silam Kota Palu diprediksi akan terjadi gempa dan tsunami. Itu lantaran, sesar Palu Koro lebih aktif dari sesar Sumatera.

“Ini prediksi sewaktu saya pelaksana tugas kepala BPBD Palu, Palu saat itu terancam gempa dan tsunami. Tapi Alhamdulillah, itu tidak terjadi,”kata Sekkot dalam rapat evaluasi program dan kegiatan penanggulangan kebencanaan, baru-baru ini di Kantor Wali Kota Palu.

Meski begitu katanya, pemerintah dan stake holder terkait perlu terus waspada. Sebab sesar itu berdasarkan penelitian ahli sesar Palu Koro tetap bergerak dan berpotensi memicu gempa dan tsunami. Para pemangku kepentingan menurutnya harus tetap siaga dengan segala program antisipasinya.

Karena itu rapat evaluasi program dan kegiatan tersebut kata Sekkot harus bisa terbangun sinergitas lintas instansi dalam mengantisipasi kebencanaan. Mengantisipasi dampak bencana serta hal-hal terkait teknis pelaksanaannya. “Dengan begitu tercipta kerjasama yang baik,”katanya

Rapat evaluasi itu juga diharap merumuskan langkah strategi dalam rangka menyebarluaskan informasi tentang kebencanaan di Palu dan sekitarnya.

Dalam rapat itu, BPBD sebagai pelaksana kegiatan mengundang seluruh pejabat camat dan lurah serta unsur Forkominda Kota Palu.

(mdi/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!