Semester I, Serapan Anggaran IAIN Rp26,6 M – Palu Ekspres
Palu

Semester I, Serapan Anggaran IAIN Rp26,6 M

 

REALISASI serapan anggaran yang dialokasikan Kementerian Agama RI kepada IAIN Palu hingga Juni  tahun 2015 telah mencapai Rp26,6 Miliar lebih atau mencapai 32 persen. Menurut Rektor IAIN Palu Prof Dr Zainal Abidin, alokasi anggaran kepada IAIN Palu tahun ini sebesar Rp81,4 Miliar lebih.

“Realisasi serapan anggaran itu baru terhitung pada semester 1 yaitu  Januari hingga Juni,”ungkap Zainal Abidin, kepada wartawan beberapa waktu lalu di kantornya.
Sebagaimana penyusunan rencana anggaran, serapan anggaran semester 1 itu kata Zainal Abidin terdiri atas belanja modal, barang, belanja pegawai serta bantuan sosial.

Dia mengatakan realisasi serapan anggaran itu termasuk dalam kategori baik atas penilaian Kemenag RI. Makanya kata dia, pihak Kemenag RI kemudian memberikan penghargaan kepada IAIN Palu sebagai perguruan tinggi Agama Islam dengan penyerapan anggaran tertinggi tahun 2015. Penghargaan itu diberikan oleh pejabat Sekretaris Jenderal Kemenag RI pada Jumat 21 Agustus 2015 pekan lalu di Jakarta.
Zainal Abidin mengaku bangga atas penghargaan tersebut. Menurutnya itu merupakan barometer bahwa lembaga yang dipimpinya mampu membuktikan pengelolaan keuangan telah berjalan sesuai standar akuntabilitas dan transparan.

Keberhasilan itu menurutnya juga tidak lepas dari kerja keras dan perhatian yang diberikan internal Kemenag RI dalam melakukan pengawasan dan audit secara rutin.
“Kami di IAIN Palu pun selalu meminta petunjuk dari Instanti terkait misalkan BPK. Itu untuk mencegah adanya kesalahan dalam pemanfaatan,” sebutnya.
Zainal berharap, prestasi itu dapat menjadi pemicuh semangat bagi seluruh aparatur dilingkungan IAIN dalam melakukan tugas dan fungsinya.(*/mdi).

Click to comment

BERITA POPULER

To Top